Kanal

Plt Sekda Bangka Berharap Masyarakat Bisa Meramaikan Tempat Ibadah

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Plt Sekda Bangka Akhmad Mukhsin meminta agar menjadikan masjid bukan sekedar untuk kegiatan ibadah saja tetapi juga difungsikan untuk kegiatan kemasyarakatan, berbangsa dan bernegara.

"Tema yang dibuat dalam kegiatan ini meningkatkan fungsi masjid sebagai jembatan meningkatkan solidaritas sosial dan pembinaan masyarakat yang ada di Kabupaten Bangka," kata Mukhsin saat membuka kegiatan sosialisasi peningkatan rasa solidaritas dan ikatan sosial di kalangan masyarakat yang diselenggarakan Kantor Kesbangpol Kabupaten Bangka, Sabtu (28/7/2018) di Novilla Boutique Resort Sungailiat.

Dikatakannya masjid-masjid di Kabupaten Bangka dilihat dari fisik sudah cukup indah dan megah namun diharapkan umat Islam bisa meramaikannya sebagai tempat ibadah menjalan syariat Islam dan juga bisa difungsikan untuk kegiatan masyarakat.

"Sentral kehidupan masyarakat bernegara dapat dijalin di masjid. Urusan dunia pun bisa dimulai dari masjid.Fungsi masjid bagaimana menata kehidupan masyarakat sehingga dari masjid keluar ide untuk membangun daerah," ungkap Mukhsin.

Ia juga berharap tokoh pemuda, utusan perguruan tinggi dan organisasi kemasyarakatan yang hadir dalam kegiatan ini bisa memberikan masukan untuk membangun daerah.

Dia mencontohkan pergerakan Presiden Republik Indonesia Soekarno untuk memberikan sumbangsihnya demi negara dimulai dari usia muda. Soekarno yang akrab disapa Bung Karno memulai pergerakannya sejak usia 25 tahun dimana dia mengalang solidaritas dari semua komponen yang ada sehingga pada usia muda bisa memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.

"Hal ini jadi contoh dari kalangan muda untuk mengisi kemerdekaan. Mengeluarkan idenya untuk membangun daerah," harap Mukhsin.

Dia juga berharap peran jajaran ulama yang memberikan masukan dan nasehatnya sangat dibutuhkan untuk membangun daerah ini.

"Adanya nasehat dari para pengurus masjid mensupport kegiatan pembangunan. Kami sangat berharap tanpa ada kebersamaan sinergisitas, persatuan kesatuan tentunya pembangunan sangat sulit dicapai," ungkap Mukhsin.

Ketua Pelaksana Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Rasa Solidaritas dan Ikatan Sosial Kabupaten Bangka Pujiastuti menjelaskan kegiatan ini sebagai forum komunikasi dan silaturahmi antar elemen masyarakat baik dari organisasi kemasyarakatan, perguruan tinggi, media massa dan antara masyarakat dengan Pemerintah Kabupaten Bangka

"Melalui pemerintah dan masjid sebagai jembatan dalam meningkatkan rasa solidaritas dan ikatan sosial di kalangan masyarakat khususnya solidaritas terhadap masyarakat yang ada di Kabupaten Bangka," kata Pudjiastuti.

Narasumber dalam kegiatan ini yakni Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Bangka H Rahmani, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Bangka Husin Djais, Dosen Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat Helmyanto dan Kabag Ops Polres Bangka
Kompol S Sopian.

Penulis: nurhayati
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com

Warga Gerebek Guru Honorer Asal Madura yang Cabuli Siswi SMP di Dalam Mobil, Awal Kenalan di Medsos

Berita Populer