Kanal

Video : Cuaca Panas di Mekah Bikin JCH Babel Khawatir

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Cuaca panas yang terjadi di Mekah menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para Jemaah Calon Haji Asal Bangka Belitung yang sudah mulai diberangkatkan ke Tanah Suci.

Sejumlah JCH, seperti Anggo Rudi yang baru akan berangkat ke Embarkasi Palembang mengatakan ia sudah mengetahui kondisi terkini terkait cuaca dan sudah mempersiapkan diri.

"Kita sudah diarahkan dokter dan karena ini ibadah fisik jadi kita juga sudah mulai berlatih. Memang panas katanya disana, tapi kita sudah diingatkan untuk banyak-banyak minum dan mengurangi aktivitas di luar masjid atau hotel. Selain itu juga rajin menggunakan masker," kata Anggo ditemui sebelum keberangkatan menuju Embarkasi Palembang di Kanwil Kemenag Babel, Sabtu (28/7/2018).

Ia mengatakan dirinya pasrah kepada Allah dalam perjalanan ibadahnya.

Ia juga meminta doa kepada masyarakat Babel khususnya agar Jemaah Calon Haji Babel dalam keadaan sehat dan dapat menjalankan ibadah dengan lancar dan kembali ke Tanah Air dengan selamat.

"Persiapan tentu ada, kalau perlengkapan pribadi enggak banyak saya hanya bawa sambel saset," katanya.

Sarah Jemaah asal Pangkalpinang juga mengatakan dirinya juga turut waspada dengan cuaca panas disana.

Namun, ia meyakini jika Allah akan melindungi dirinya dan Jemaah lainnya.

"Insya Allah, memang ada kekhawatiran kadang di Bangka panas beberapa hari ini juga luar biasa. Disana kan sampai 40 derajat Insya Allah lah bisa tahan yang penting ikuti panduan dan banyak minum tapi jangan minum es," katanya.

Kepala Bidang Bimbingan Islam Kanwil Kemenag Babel, Rebuan mengatakan suhu di Mekah tahun ini tidak sepanas tahun lalu, namun ini tetap harus diantisipasi.

"Suhunya tidak sepanans tahun kemarin, 40 an derajat lebih, tahun kemarin sampai 50 derajat. Tapi ini harus diantisipasi jemaah tetap harus menjaga kesehatan dan banyak minum air putih," katanya.

Menurutnya, para jemaah juga akan dibekali dengan semprotan wajah untuk mendinginkan wajah dan masker.

"Tahun lalu di Embarkasi dibagikan penyejuk wajah dan masker, semoga tahun ini juga dapat lagi. Jemaah harus banyak minum air putih dan mengkonsumsi buah," katanya. (*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com

Anjing Milik Korban Pembunuhan di Bekasi Tak Mau Makan dan Menangis, Pakar: Bisa jadi Saksi

Berita Populer