Kanal

KPU Pangkalpinang Kembalikan Berkas Bacaleg yang Bermasalah

Ketua KPU Pangkalpinang, M. Yusuf - Bangkapos/Yudha Palistian

Laporan Wartawan Bangkapos, Yudha Palistian

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU Pangkalpinang) sudah mengembalikan berkas bacaleg yang tidak lengkap dan yang terindikasi bermasalah dari hasil temuan panwaslu yakni dua bacaleg dibawah umur dan satu bacaleg mantan korupsi.

Ketua KPU Pangkalpinang, M Yusuf mengatakan bahwa berkas bacaleg tersebut sudah dikembalikan dan kami dari pihak KPU meminta parpol yang menaungi bacaleg tersebut untuk mengganti para caleg yang bermasalah.

Peraturan untuk persyaratan bacaleg sudah tercantum di UU 7 Tahun 2017 tentang Pemilu serta PKPU 20 Tahun 2018

"Hampir setiap 16 parpol ada kekurangan berkas dan kekurangannya bervariatif dan yang bermasalah harus diganti sebelum tenggat waktu terakhir 31 juli mendatang," jelasnya kepada Bangkapos,  Senin (30/7/2018).

Sebelumnya proses verifikasi kelengkapan administrasi daftar bakal calon pada 4-18 Juli 2018. Serta penyampaian hasil verifikasi kelengkapan administrasi dilakukan pada 19-21 Juli 2018.

Sedangkan, untuk perbaikan berkas para parpol yang tidak lengkap kebanyakan ditemukan berkas-berkas ringan,  seperti ijazah yang belum dilegalisir.

Ia pun menegaskan bahwa ijazah lama diperbolehkan asalkan tidak ada batasan kadaluarsa, sehingga tidak perlu legalisir baru, kecuali apabila pada stempel terdapat tulisan hanya berlaku 6 bulan harus diperbarui.

Penulis: Yudha Palistian
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com

Jelang Pernikahan Mantan, Pria di Kalimantan Tengah Mengamuk Bunuh Bibi dan Ibu Kandungnya

Berita Populer