Kanal

Video: Tonton Keadaan Para Pendaki Gunung Rinjani saat Terjadi Gempa

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

BANGKAPOS.COM, BELITUNG -Gempa berkekuatan 6,4 SR sekitar pukul 06.30 WIB di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTT) mengejutkan dua orang pendaki Gabungan Pencinta Alam Belitung (Gapabel), Minggu (28/7/2018).

Dua orang pendaki asal Belitung Azka Azuardi (27) dan Syepry Kurnaiawan (26) kontan terkejut dan cemas.

Padahal saat itu keduanya sedang lahap makan nasi goreng. Keduanyalangsung berhamburan keluar tenda dengan membawa barang seadanya dan mencari tempat aman, tujuan mereka adalan lapangan lebih luas.

 " Saat itu, kami lagi makan nasi goreng tiba-tiba ada goyangan, nasi goreng kami juga sampai tumpah. kami langsung keluar mencari tempat aman yang lebih luas. sekitar 500 meter dari Segara Anak. kami takut terjadi longsor," ucap Syepry

Diceritakan Syepry goncangan gempa cukup keras, hingga mereka di dalam tenda, terguncang 

"Keril, tenda, alat masak semua kami tinggal di segar anak. Habis itu kami pergi ke lapangan luas, karena takut ada gempa susulan, dan ternyata memang ada. Jadi kami berangkat ke tempat aman itu, hanya bawa tas kecil saja," ujarnya.

Tidak ada pikiran yang meragukan saat itu buat mereka menyelamatkan diri dan posisi mereka tetap bersama rombongan serta pendaki lain. Setelah tiba di tempat aman, mereka memutuskan bersama pendaki lain tetap menginap satu malam.

"Tadi pagi (kemarin) kami langsung bergeser, dan kemudian packing semua barang-barang, dan kami memutuskan untuk turun (kembali ke perkampungan). Tadi saja sewaktu kami turun, kami ada longsor," bebernya yang saat itu baru tiba di jalan raya pukul 16.30 WIB kemarin.

Mereka memutuskan untuk turun dari Gunung Rinjani bersama sembilan orang pendaki lain. Tiba dibawa, langsung menuju posko Tim SAR untuk melapor kondisi mereka, dan dalam kondisi selamat.

Sebelum merasakan Gempa tersebut, Sabtu (28/7) sekitar pukul 07.11 WIB dua pendaki itu sempat memberikan kabar dan mengirimkan foto dengan memegang Bendera Gapabel, bahwa mereka sudah berada di puncak Gunung Rinjani. (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com

Anjing Milik Korban Pembunuhan di Bekasi Tak Mau Makan dan Menangis, Pakar: Bisa jadi Saksi

Berita Populer