Kanal

Budidaya Sayur Sawi Peluang Penghasilan Baru

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Masyarakat petani di Kabupaten Bangka tak perlu risau. Anjloknya harga komoditi perkebunan seperti, lada, sawit dan karet, memang sempat membuat ekonomi rakyat terpuruk.

Namun masih ada cara lain untuk menambah penghasilan, melalui budidaya tanaman hortikultura jenis sayuran.

Wakil Ketua DPRD Bangka, Rendra Basri tak hanya sekedar memberikan imbauan, namun politikus asal Partai Golkar itu memberikan contoh.

Sudah sejak lama ia menekuni bidang pertanian, di luar jam dinas sebagai legislatif. Pada sebidang kebun yang ia miliki di Kecamatan Pemali, tak hanya ada tanaman lada dan buah-buahan, namun tambak ikan dan hortikultura.

Kali ini khusus tanaman hortikultura, sayur-sayuran, Rendra menggandeng petani asal Jawa-Lampung, Ali (59) dan keluarga.

"Karena sayuran ini sangat bagus prospeknya. Makanya saya menggandeg Pak Ali, mengusahakan lahan milik saya. Sekarang tak hanya lada dan buah-buahan yang ada di kebun ini, tapi juga sayur-sayuran," kata Rendra ditemui di kebunnya di Kecamatan Pemali Bangka, Rabu (1/8/2018) petang.

Rendra tak hanya menyalurkan hobi, namun sebagai wakil rakyat, ia ingin memperlihatkan fajta bahwa pertanian merupakan sektor yang menjanjikan.

"Seperti yang ada di kebun saya ini, bahwa tanaman sayur sawi manis bisa tumbuh subur. Prospeknya sangat bagus karena tingkat konsumsi tinggi," katanya.

Anjuran berkebun atau bertani menurut Rendra bukan pertama kali ia gembar-gemborkan ke masyarakat.

Halaman
12
Penulis: ferylaskari
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com

Video Mesumnya Diputar di Kelas dan Tersebar, Siswi Berprestasi di Karawang Terpaksa Pindah Sekolah

Berita Populer