Kanal

MUI Babel Berikan Pelatihan Bagi Para Juleha Cara Menyembelih Hewan Qurban

Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Babel, Akhmad Lutfi . - Bangkapos/Yudha Palistian

Laporan Wartawan Bangkapos,  Yudha Palistian

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI)  Babel,  Akhmad Lutfi mengatakan bahwa sudah memberikan pelatihan kepada para Juru Sembelih Halal (Juleha)  di wilayah Bangka Tengah dan Belitung Timur,  Rabu (1/7/2018).

Pelatihan tersebut diberikan untuk para Juleha agar menyembelih hewan qurban secara syar'i dan ketentuan agama yang sudah ditetapkan.

"Kami memberikan pelatihan kepada seluruh masjid di wilayah Bangka Tengah, dan wilayah Belitung Timur. Ini adalah program dari MUI Pusat yang sudah dicanangkan semenjak adanya, sertifikasi rumah potong hewan," jelasnya kepada Bangkapos.

Selain itu,  setiap juru sembelih itu sudah memiliki sertifikat izin menyembelih yang sudah terlatih dan terbukti sesuai dengan dikeluarkannya sertifikat dari MUI Babel.

"Bagaimana cara terbaik merobohkan hewan kurban, terutama sapi. Hal itu cara terbaik merobohkan hewan kurban. Hal itu dijelaskan secara matang kepada para Juleha. Sebab, selama ini banyak cara salah yang dilakukan hingga berdampak kepada hewan kurban itu sendiri," ujarnya.

Karena itu awal sebelum disembelih dan tentunya penanganan daging sebelum dibagikan, secara matang kepada para Juleha.

Sebab, selama ini banyak cara salah yang dilakukan hingga berdampak kepada hewan kurban itu sendiri. 

"Jika secara kesehatan hewan qurban, itu sudah masuk ranah Dinas peternakan dan Dinas kesehatan, MUI Babel hanya menghimbau menyembelih secara syar'i dan prioritaskan kepada yang membutuhkan," tutur akhmad.

Juleha atau Juru Sembelih Hewan Halal sengaja dihadirkan di tengah masyarakat jelang penyembelihan hewan kurban Idul Adha 1439 H mendatang.

Para juleha harus memperhatikan cara-cara atau prosedur untuk mendapatkan daging ASUH. Yakni, Aman, Sehat, Utuh dan Halal. Karena masih saja terjadi kasus ditemukannya hewan tak layak dijadikan kurban. (*)

Penulis: Yudha Palistian
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com

Video Detik-detik King Kobra Ditangkap Kurir JNE di Perumahan, Warga Mengaku Lihat Ada 6 Ekor Ular

Berita Populer