Kanal

23 Pelajar Babel Bakal Kenalkan Budaya Babel ke Sulawesi Tengah Selama Dua Pekan

Pengelola Peserta Didik SMK Dinas Pendidikan Babel, Siska Jayanti menunjukkan buku hasil siswa mengenal Nusantara tahun 2017. - Bangka Pos/Krisyanidayati.

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM - 23 pelajar SMA/SMK dan SLB di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara BUMN Hadir Untuk Negeri yang akan dilaksanakan pada 8-21 Agustus mendatang di Sulawesi Tengah.

Program Siswa Mengenal Nusantara merupakan pertukaran budaya antara para pelajar di Babel yang nantinya akan menetap di Sulawesi Tengah selama dua pekan untuk mengenal budaya disana dan juga memperkenalkan budaya Babel.

Siswa yang terpilih untuk mewakili Babel yakni 10 SMA, 10 siswa SMK, dan 3 siswa SLB yang telah lulus tes wawancara dan kemampuan akademis yang dilakukan dinas pendidikan dan BUMN.

Pengelola Peserta Didik SMK Dinas Pendidikan Babel, Siska Jayanti menyebutkan progam yang sudah berlangsung sejak tahun 2015 lalu memang mengutamakan peserta didik yang memiliki kemampuan akademik, berprestasi, berbakat dan berasal dari keluarga yang tidak mampu.

"Sekolahnya kita gilir untuk mengirimkan siswa, kalau sekolah yang sudah pernah tidak kita pilih lagi di tahun berikutnya. Sekolah ini perwakilan dari tujuh kabupaten/kota. Jadi sebetulnya seleksi itu sudah dari tingkat sekolah. Untuk 2018 ada 40 siswa yang diutus masing-masing sekolah dari 7 kabupaten/kota, kita hanya pilih 20 orang. Kalau untuk SLB memang tidak ada tes tapi ditunjuk siswa berprestasi," katanya, Jum'at (3/8/2018).

Menurutnya, sekolah yang ditunjuk untuk mengirimkan delegasi merupakan sekolah swasta dan sekolah negeri.

"Semua siswa punya kesempatan asalkan memenuhi syarat, kita juga menunjuk sekolah swasta tidak hanya negeri. Hanya kita gilir saja sekolahnya," katanya.

Menurutnya, output dari kegiatan ini nantinya para siswa yang telah selesai mengikuti program akan membuat review tulisan yang nantinya akan dibukukan. Sehingga mengenal budaya dari tiap Provinsi di Indonesia.

Menurutnya, ini juga menjadi ajang promosi dan pariwisata Babel untuk lebih dikenal.

"Ya mereka ini menjadi duta kita, lebih banyak mengunjungi tempat budaya dan adat istiadat. Mereka juga nantinya akan tinggal di rumah orangtua angkat sehingga membaur. setelah itu mereka akan menulis perjalanan mereka untuk dibukukan," katanya.

Selain siswa Babel yang ke Sulawesi tengah, siswa dari Sulawesi Tengah juga akan menetap selama dua pekan di Babel. Untuk tahun ini yang di Babel difokuskan di Tanjung Pandan.

"Seperti pertukaran pelajar lah, yang dari Sulawesi Tengah ke Babel tapi memang fokusnya di Tanjungpandan, tapi akan tetap ke Bangka hanya untuk kunjungan," katanya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos

Wanita Tewas Dalam Lemari Pernah Unggah Foto Bersama Pelaku, Sempat Usir dari Kos sebelum Dibunuh

Berita Populer