Kanal

Jusuf Kalla Sebut Pilpres 2019 Hampir Pasti Diikuti 2 Pasang Calon

Jusuf Kalla - Amriyono Prakoso/Tribunnews.com

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) berujar pilpres 2019 hampir dipastikan hanya diikuti oleh dua pasangan calon.

Hal tersebut menurut JK mempermudah masyarakat untuk menentukan pilihan.

"Yang paling mudah adalah pilpres, paling ada nomor satu atau nomor dua, karena sudah dapat dipastikan ini hampir pasti hanya dua calon, dua pasangan calon," ujar Kalla dalam sebuah diskusi di Hotel Aryaduta, Tugu Tani, Jakarta Pusat, Kamis (2/8/2018).

Menurut JK, dari dua pasangan calon tersebut tentunya akan membentuk dua poros nasional dan ini berbeda dengan pilkada lalu yang berjalan tanpa membentuk poros nasional yang mencolok.

"Pilkada kemarin aman karena tak ada poros nasional. Poros apa namanya belum ada namanya (pemilu), poros 1, poros 2, seperti yang terjadi di pemilu yang akan datang," ungkap Kalla.

Lebih lanjut, ia lantas menyinggung korelasi Pemilu dengan ekonomi negara.

Dirinya menjelaskan keadaan ekonomi saat pemilihan langsung di tahun 2004 dan 2009 lebih stabil.

"Apa pengalaman kita semua tadi saya minta coba kasih data keadaan ekonomi pada tahun 2004, 2009, 2014, ini bermacam-macam. 2004 pertumbuhan kita 5,1 persen. Lebih tinggi daripada tahun sebelumnya, artinya pemilu itu justru meningkatkan ekonomi," jelasnya.

Sementara di tahun 2014 ini, keadaan ekonomi juga stabil meski dilanda krisis ekonomi global.

"Kemudian 2014 justru lebih baik, turun dari tahun sebelumnya tetapi lebih baik daripada tahun setelahnya, artinya kalau kita lihat pemilu lalu tahun 2014 menurun disebabkan karena harga komoditi dunia menurun," kata Kalla. (Rina Ayu Panca Rini)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul JK: Hampir Pasti Pilpres 2019 Diikuti Dua Pasang Calon

Editor: fitriadi
Sumber: Tribunnews

VIDEO John Kei, Sosok Pembunuh Sadis Penghuni Sel Khusus Nusakambangan yang Kini Bertobat

Berita Populer