Kanal

Yuk, Santap Menu Ikan Kerapu, Kualitas Ekspor yang Sangat Diminati

Kancil dan kawan-kawan ketika menyantap menu masakan ikan kerapu saus tiram di Kedai Makan Sungailiat, Sabtu (4/8) - Bangka Pos/Fery Laskari

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COMĀ -- Laut Bangka menyimpan berbagai jenis ikan, satu diantaranya kerapu. Ikan ini sangat digemari karena rasanya gurih dan nikmat. Sejumlah resrotan, menyajikan masakan ikan kerapu dalam berbagai menu. Masakan ikan kerapu yang banyak diminati, jenis masakan saus tiram dan saus asam manis.

Cara memasaknya pun relatif mudah. Beberapa bumbu yang digunakan antara lain, bawang bombai, bawang putih, cabe besar, cabe rawit, jahe, jeruk garam gula, saus tiram dan berbagai bumbu lainnya dapat digunakan, tergantung selera dan jenis masakan.

Bumbu yang disiapkan diolah sedemikian rupa, kemudian dimasak menggunakan bahan utama, yaitu ikan kerapu. Sebelum ikan dimasak bersama bumbu, bisa digoreng terlebih dahulu agar teksturnya terasa lebih mantap.

"Ikan kerapu ini bisa dimasak saus tiram, bisa juga dimasak asam manis. Ikan kerapu bumbunya sederhana. Ikan kerapu bisa digoreng tepung lebih dulu, kemudian dimasak sesuai selera, saus tiram atau asam manis. Yang jelas ikan kerapu punya ciri khas sendiri untuk disantap," kata Kancil (35), penggemar menu ikan kerapu ditemui bersama sejumlah rekannya, Sabtu (4/8) di sebuah kedai makan di Sungailiat.

Kancil dan kawan-kawan ketika menyantap menu masakan ikan kerapu saus tiram di Kedai Makan Sungailiat, Sabtu (4/8) (Bangka Pos/Fery Laskari)

Kerapu punya ciri khas bintil-bintil pada tubuhnya. Warna ikan ini bermacam-macam, terkadang ada yang berwarna coklat, merah, abu-abu, hitam, tergantung dari jenis ikannya. Ikan kerapu juga dikenal mempunyai gaya ikan kamuflase yang baik karena dapat menyesuaikan warna tubuh pada lingkungan sekitar. Selain itu ikan kerapu memiliki duri pada siripnya yang keras dan tajam.

"Laut kita Bangka, ada berbagai jenis. Antara lain kerapuk sunuk, kerapuk bebek, kerapuk macan. Yang paling banyak jenis kerapuk bebek dan kerapuk sunuk," kata Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Bangka, Ridwan kepada bangkapos.com, Sabtu (4/8).

Menurut Ridwan, ikan kerapu tangkapan nelayan ukurannya beragam. Untuk ukuran super, biasanya dijual ke luar negeri oleh perusahan eksportir.

"Ukuran setengah kilogram ke atas biasanya diekspor. Harga kerapuk super kelas ekspor kisaran Rp 120 Ribu hingga Rp 160 Ribu perkg. Sedangkan kerapuk noneskpor atau ukuran kecil, harganya di bawah itu, kisaran puluhan ribu rupiah saja," katanya.

Penulis: ferylaskari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos

Aldi Novel Adilang Hanyut hingga ke Jepang: Saya Hanya Berdoa, dan Hiu Itu Pergi

Berita Populer