Kanal

Belum Ada Aturan Dihapuskan, Tunjangan Profesi Guru Tetap Dibayar Pemerintah

Surtam A Amin - Bangkapos.com/Nurhayati

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kabupaten Bangka Surtam A Amin mengatakan untuk tunjangan profesi guru (TPG) hingga saat ini tetap dibayar oleh pemerintah kepada para guru yang sudah mendapat sertifikasi guru.

Diakui Surtam belum ada aturan dari pemerintah pusat yang menghentikan pembayaran TPG tersebut.

"Yang dibayarkan adalah tunjangan profesi guru. Orang sering salah oh kami dapat tunjangan sertifikasi. Pemkab Bangka tidak pernah membayar tunjangan sertifikat guru yang dibayar Pemkab Bangka itu tunjangan profesi guru," jelas Surtam saat dikonfirmasi bangkapos.com, Jumat (10/8/2018) di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kabupaten Bangka.

Menurutnya untuk mendapatkan tunjangan profesi, guru harus mempunyai sertifikasi guru profesional.

"Jadi bukan sertifikasinya yang diberi tunjangan. Sertifikasi itu adalah proses untuk memperoleh sertifikat. Setelah dia memperoleh sertifikat tertulis di sertifikat itu sebagai guru profesional makanya atas profesi itulah makanya dia diberi tunjangan," ungkap Surtam

Menurutnya para guru sering salah menilai dengan menyebut tunjangan sertifikasi guru.

Surtam tidak tahu pasti apakah penyebutan tunjangan sertifikasi itu karena para tidak mengerti atau sengaja karena jika menyebut tunjangan sertifikasi tidak ada beban moril bagi guru.

Dimana guru menilai setelah melalui proses sertifikasi itulah mereka dapat tunjangan, padahal tunjangan itu diberi karena guru tersebut profesional.

"Kalau guru itu tidak profesional lagi maka dia tidak dapat tunjangan itu," tegas Surtam.

Namun untuk pembayaran TPG tersebut menurutnya, bukan ditangani olah Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kabupaten Bangka tetapi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Padli mengatakan untuk TPG para guru hingga saat ini tetap dibayar oleh pemerintah.

Diakuinya belum ada aturan dari pemerintah pusat   untuk menghentikan penyaluran tunjangan guru di daerah.

Sedangkan berapa total besar dan jumlah guru yang menerima TPG tersebut Padli mengaku tidak tahu pasti.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com

Video Kronologi Karyawan Rumah Makan Dilempar Gelas oleh Pelanggan karena Lama Nunggu Pesanan

Berita Populer