Kanal

Renyahnya 'Berengkes' Pepes Ikan dengan Kelapa Muda Bikin Rindu Kampung Halaman

Brengkes Ikan Kelapa Muda - Bangka Pos / Adinda Rizki Amanda

Laporan Wartawan Bangka Pos, Adinda Rizki Amanda

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Makanan tradisional masih memiliki tempat di hati konsumen. Unik dan menggugah selera, sehingga sulit dilupakan. Satu diantaranya, pepes ikan kelapa muda.

Orang-orang di Pulau Bangka menyebut menu ini dalam istilah berengkes atau beringkes, tergantung dialeg daerah masing-masing. Namun secara umum, makanan ini merupakan pepes daging ikan yang dicampur kelapa muda dan beberapa bumbu lainnya.

Makanan yang sering dijadikan lauk pauk itu, punya cita rasa sedikit asam, manis dan pedas, namun gurih ketika disantap. Perpaduan rasa itu karena bumbu dan rempah-rempah pilihan yang diracik dalam satu adonan.

Meski sudah semakin sulit ditemukan, Musliha (54), Warga Sungaiselan Bangka Tengah, mencoba membuat makanan ini kembali di rumahnya. "Sekarang beringkes sudah semakin sulit ditemukan, kadang saya beli dengan orang yang ngejajal keliling kampung," kata Musliha kepada Bangka Pos Group,.Sabtu (11/8/2018).

Ia juga menceritakan dulunya makanan ini sangat digemari ketika ia masih kecil. Namun karena terlalu ribet untuk memasaknya, jarang orang menyajikan menu itu sehingga sulit didapatkan. "Dulu ibu saya sering membuat makanan ini, cuma sekarang sudah sulit dicari karena tidak mudah membuat beringkes," jelasnya.

Rasa khas ikan pepes kelapa muda yang dimaksud ternyata juga digemari generasi milenial. Seperti Vella Khoiriyah (20) misalnya, ia menyukai berengkes karena rasanya yang nikmat. Menurut Khoiriyah, berengkes merupakan makanan yang bisa membuatnya rindu pada kampung halaman. "Ibu saya dan bibi saya Musliha sering membuat ini di rumah. Kalau makan beringkes jadi sering ingat rumah," kata mahasiswi asal Bangka yang kini sedang menempuh pendidikan S1 jurusan akutansi di sebuah universitas swasta di Solo.

Sementara itu langkah awal membuat berengkes yang pertama siapkan daging ikan yang telah dihaluskan dan kelapa muda halus yang sudah digoreng kecoklatan. Setelah itu siapkan rempah-rempah seperti cabai kecil, bawang merah, bawang putih, kunyit, laos, garam, gula, air asam, dan ketumbar bubuk secukupnya.

Haluskan rempah-rempah bumbu itu, lalu campurkan ke daging ikan yang telah dihaluskan, lalu aduk rata. Kemudian campurkan kelapa muda halus yang telah digoreng. Setelah diaduk rata, bungkus adonan menggunakan daun pisang yang telah dibersihkan dan jepit kedua sudut menggunakan lidi tajam. Panggang bungkusan adonan hingga warna daun pisang menjadi kecoklatan. Berengkes ikan kelapa muda pun siap disajikan dan dinikmati. Silahkan mencoba.(*)

Penulis: Adinda Rizki Amanda
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com

Viral Wanita Terobos Rombongan Presiden Jokowi dan Acungkan Jari Tengah, Tabrak Polisi yang Mengawal

Berita Populer