Kanal

Wakil Bupati Ajak Masyarakat Beltim Terapkan Pola Hidup Sehat

Pemerintah Kabupaten Beltim canangkan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) - Bangka Pos/ Suharli

Laporan Wartawan Pos Belitung Suharli

BANGKAPOS.COM, BELITUNG TIMUR -Setelah Dicanangkan Presiden Sejak 2017 lalu. Pemerintah daerah terus mengaungkan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) di Kabupaten Belitung Timur.

Gerakan Masyarakat Sehat kali ini di Gelar Lapangan Segitiga Kecamatan Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur berbarengan dengan perintgatan HUt Ri ke-73, Minggu (12/8/2018).

Wakil Bupati Belitung Timur (Beltim) Burhanudin yang membuka acara mengaku sangat mendukung program pencanangan Germas ini.

Menurut Burhanudin dengan pencanangan ini dapat menjadi komitmen masyarakat dalam menciptakan pola hidup sehat baik di rumah tangga dan lingkungan sekitar.

Sejauh ini diakui Burhanudin indikator kesehatan di Beltim secara keseluruhan sudah cukup bagus, sedangkan untuk di Kecamatan Kelapa Kampit kesadaran masyarakat untuk pola hidup sehat, masih kurang yakni mulai dari pola makan, safety bekerja hingga BAB yang masih dibawah standar.

" Untuk itu kami harap para kades mendorong masyarakat melalui gerakan posyandu, posyandu siaga maupun lansia, dan terus mensosialisasikan pentingnya kesehatan," ucapnya.

Dikatakan Burhanudian yang kerap disapa Bang Aan di Kelapa Kampit baru satu yang mencanangkan Desa Sanitasi yakni Desa Buding.

" Desa Lain belum, masih ada masyarakat kita yang mungkin BAB-nya sembarangan, itu pola hidup tidak sehat. pola makan juga diatur jangan asal nyaman saja tetapi tidak dikontrol, sehingga tanpa disadari terkena kolestrol, gula darah, asam urat, ditambah olahraga kurang. ini perlu diperhatikan, agar mulai sekarang kita mulai lakukan pola hidup sehat," ungkapnya.

Petugas Promosi kesehatan puskesmas Kelapa Kampit Dewi Suprapti, mengatakan saat ini pihaknya baru fokus melaksanakan tiga kegiatan secara berkala dalam pencanangan Germas di Beltim, yakni mulai dari pemeriksaan kesehatan secara berkala, melakukan aktivitas fisik, dan terus menganjurkan mengkonsumsi sayur dan buah.

"Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan Puskesmas Kelapa Kampit meliputi pemeriksaan tes IVA (deteksi dini untuk kangker rahim) yang langsung dilayani di Puskesmas Kelapa Kampit, pemeriksaan tensi dan lingkar perut untuk resiko-resiko sakit penyakit tidak menular (PTM), tensi dan Gigi," ujarnya

Dewi juga mengatakan kegiatan ini dilakukan berkerjasama dengan panitia HUT RI ke-73. Karena untuk mengumpulkan masyarakat dengan jumlah banyak dirasa sangat sulit.(*)

Penulis: Suharli
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com

Video Mesumnya Diputar di Kelas dan Tersebar, Siswi Berprestasi di Karawang Terpaksa Pindah Sekolah

Berita Populer