Kanal

Begini Pandangan Ustaz Abdul Somad Soal Keistimewaan Bulan Dzulhijjah

Ustaz Abdul Somad memberi ceramah dalam tabligh akbar di Lapangan Pamedan Tanjungpinang, Selasa (7/8/2018). - Tribun Batam/Munirul Ikhwan

BANGKAPOS.COM- Dzulhijjah termasuk bulan yang istimewa bagi umat Islam. Banyak peristiwa penting terjadi pada bulan Dzulhijjah. 

Termasuk puncak pelaksanaan ibadah haji yaitu wukuf, puasa Arafah dan hari raya Idul Adha.
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-Inside-MediumRectangle'); }); //

Memasuki bulan Dzulhijjah, banyak amalan sunah yang bisa kita kerjakan untuk memakmurkan bulan mulia tersebut.

Allah pun akan memberikan ganjaran pahala bagi pelakunya.

var unruly = window.unruly || {};unruly.native = unruly.native || {};unruly.native.siteId = 1082418; //

Menurut Ustadz Abdul Somad dalam sebuah ceramahnya di YouTube diposting oleh Fodamara TV dipublikasikan pada 8 September 2016 menyitir sebuah hadis Nabi Muhammad SAW tentang keutamaan beramal saleh di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.

Menurut hadis tersebut, tak ada hari yang kita boleh beramal saleh pada hari itu lebih dicintai Allah melebihi 10 hari ini.

“Artinya, jika kita rajin beramal saleh selama 10 hari awal bulan Dzulhijjah, maka Allah akan lebih mencintai kita,” jelasnya.

Baca: Hari Ini Mulai Masuk Bulan Zulhijah, Inilah Keutamaan Amalan di 10 Hari Pertama

Apa saja jenis amal salehnya?

Di hadis itu tak ada dijelaskan, namun menurut pengamatan para sahabat Nabi Muhammad terhadap Nabi Muhammad, beliau selama 10 hari awal bulan Dzulhijjah sering berpuasa sunah.

Puasa itu terhitung sejak 1 Zulhijjah hingga 9 Zulhijjah, sedangkan pada 10 Zulhijjah tidak karena itu adalah hari raya Idul Adha dan umat Islam dilarang berpuasa di hari itu.

Dalam sebuah hadis lain disebutkan pula bahwa satu-satunya ibadah yang dinisbatkan nabi ke Allah dan Allah ke nabi adalah puasa.

“Ujar Allah, puasamu untuk-Ku. Maka, dari sini bisa disimpulkan amalan saleh selama bulan Dzulhijjah yang paling utama atau afdol adalah puasa sunah,” tambahnya.

Walau begitu, jika kita ingin melakukan amalan-amalan sunah lainnya tetap dibolehkan, sebab di hadis pertama tadi tak ada diperinci apa saja amal saleh yang bisa dilakukan di bulan mulia ini.

Baca: Ini Dia 3 Puasa Sunnah yang Dianjurkan di Bulan Dzulhijjah Serta Manfaatnya

“Mau mengaji Alquran silakan, perbanyak salat sunah, berzikir, dan sebagainya juga boleh. Tak sanggup berpuasa, silakan baca Alquran. Tak sanggup juga baca Alquran, perbanyaklah salat sunah. Tak sanggup juga salat sunah, kerjakan yang paling ringan, zikir, dan sebagainya. Mau dan sanggup mengerjakan semuanya, itu lebih bagus lagi,” terangnya.(*)

Artikel ini telah tayang di banjarmasinpost.co.id dengan judul Selain Ibadah Haji, Amalan-amalan di Bulan Dzulhijjah yang Bisa Dikerjakan, Ibadah Ini Paling Utama.

Editor: zulkodri
Sumber: Banjarmasin Post

5 ABG Digerebek Hendak Gelar Pesta Seks di Makassar, 3 Gadis Masih di Bawah Umur

Berita Populer