Kanal

Begini Tahapan Proses, Jika Masyarakat Ingin Melaporkan DCS yang Bermasalah 

M Yusuf - Bangkapos/Yudha Palistian

Laporan Wartawan Bangkapos,  Yudha Palistian

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Daftar Caleg Sementara (DCS)  telah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Pangkalpinang pada 12 agustus lalu,  sehingga masyarakat bisa melaporkan ke KPU, jika mereka menemukan caleg-caleg yang bermasalah.

Masyarakat bisa mengakses informasi di Silon ini setelah pihak KPU menetapkan daftar calon sementara (DCS).

Seperti diketahui, DCS biasanya berisi data lengkap meliputi lambang parpol, daerah pemilihan, foto caleg, alamat lengkap, hingga pendidikan caleg.

Ketua KPU Pangkalpinang, M. yusuf mengatakan jika masyarakat ingin melaporkan, maka harus menyertakan data diri lengkap berikut fotokopi KTP sebagai bentuk pertanggungjawaban aduan tersebut. Jika tidak, maka laporan dari masyarakat itu tidak akan diproses oleh KPU.

"Prosesnya cukup gampang, jika masyarakat ingin melaporkan bacaleg yang bermasalah, yakni hanya datang ke KPU dan Panwaslu serta membawa bukti yang kuat," ungkapnya.

Yusuf pun menjelaskan, misalnya ada bacaleg yang tertera di DCS menurut mereka pernah mengalami tindak pidana kejahatan maka harus melampirkan bukti yang konkrit sehingga nantinya bisa kami proses dan tindak lanjuti.

"Jika buktinya tidak mendukung dan hanya omongan belaka, maka tidak serta merta akan kami proses. Semuanya itu kan harus ada bukti yang jelas bukan hanya sekedar omongan atau bualan semata," tegas yusuf.

Seperti diketahui, KPU telah mengumumkan jumlah Daftar Caleg Sementara (DCS) sekitar 423 orang dari 16 partai politik.(*)

Penulis: Yudha Palistian
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com

Warga Gerebek Guru Honorer Asal Madura yang Cabuli Siswi SMP di Dalam Mobil, Awal Kenalan di Medsos

Berita Populer