Kanal

Mahfud MD Ungkap Kronologi soal Cawapres Jokowi, Ukur Baju hingga Tersinggung dengan Ketum PPP

Mahfud MD - Tribunnews.com/Taufik Ismail

BANGKAPOS.COM - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD membeberkan kronologi komunikasi dirinya dengan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dalam hal namanya yang sempat dipilih menjadi cawapres Jokowi. 

Sebagaimana diketahui, Mahfud MD yang sempat dikabarkan bakal menjadi cawapres Jokowi, namun pada akhirnya Jokowi memilih Ketua MUI KH Ma'ruf Amin. 

Kronologi itu disampaikan Mahfud dalam program acara Indonesia Lawyers Club (ILC), Selasa (14/8/2018) malam. 

Menurut Mahfud, dirinya dihubungi oleh Pratikno pada 1 Agustus 2018 pukul 23.00 WIB.

"Pada 1 Agustus jam 23 malam saya diundang oleh Mensesneg Pratikno, udah lama, tanggal 1 ya, saya ditemui Pak Pratikno bersama Pak Teten Masduki di rumah Menseneg, lalu diberi tahu 'Pak Mahfud sekarang pilihan sudah mengerucut ke bapak, harap bersiap-siap. Nanti pada saatnya akan diumumkan. Syarat-syarat yang diperlukan segera mulai dipersiapkan, tidak harus lengkap, ya penting ada dulu.'itu tanggal 1 tengah malam di widya candra ," kata Mahfud. 

Lebih lanjut, dalam komunikasi itu, dari penyampaian Pratikno, Mahfud mengakui komunikasi soal nama dirinya belum final lantaran ia diminta untuk berkomunikasi dengan PKB meski tidak menjadi soal jika komunikasi dengan PKB belum berhasil.

Mahfud pun mengikuti saran itu dengan melakukan komunikasi dengan orang-orang Ketua PKB, Muhaimin Iskandar. 

Kemudian seminggu kemudian tepatnya pada Rabu (8/8/2018) malam, Mahfud kembali diundang lagi oleh Pratikno. 

Dalam pertemuan itu, Mahfud diberi tahu jika ia namanya sudah diputuskan sebagai cawapres Jokowi dan besoknya akan dilakukan deklarasi. 

"Pada hari Rabu malam, seminggu kemudian, saya diundang lagi oleh pak Pratikno di rumah Pratikno, ada pak Teten, ada asisten pak Pratikno, waktu itu diberi tahu, 'pak Mahfud besok akan diumumkan, detail, sudah diputuskan pak Mahfud, semua sudah disiapkan, acaranya nanti berangkat dari gedung Joeng, nanti pak Mahfud naik motor bersama pak Jokowi. Pak Mahfud bonceng, Pak Jokowi yang depan," demikian beber Mahfud. 

Menurut Mahfud, dalam pertemuan itu apa yang disampaikan Pratikno sudah detail sampai ke teknis deklarasi.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: Tribun Solo

Kronologi Lengkap Mahasiswi Dibunuh Pacar di Aceh, Diajak Jalan hingga Pelaku Kabur ke Rumah Ipar

Berita Populer