Kanal

Ini Komentar Ketua Bawaslu Kabupaten Belitung Terkait Penetapan DPT

Ketua Panwaslu Kabupaten Belitung Heikal Fackar. - Pos Belitung/Dede Suhendar

Laporan Wartawan Pos Belitung Dede Suhendar

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Bawaslu Kabupaten Belitung menerima dan menyetujui penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dilakukan KPU Kabupaten Belitung pada rapat pleno, Sabtu (18/8/2018) semalam.

Akan tetapi, sebelum menyetuji hasil rekapitulasi, Bawaslu Kabupaten Belitung sempat meminta KPU menguji data tersebut dengan mengambil sample tiga nama secara acak.

"Kami hanya ingin memastikan kalau rekapitulasi ini benar-benar sudah bersih sebelum ditetapkan sebagai DPT. Hasilnya memang sudah aman, tidak ada lagi data ganda," ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Belitung Heikal Fackar saat dihubungi posbelitung.co, Minggu (19/8/2018).

Ia mengatakan pasca penetapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP), Bawaslu sempat memberikan rekomendasi kepada KPU Kabupaten Belitung melalui surat resmi 7 Agustus lalu.

Menurutnya, rekomendasi tersebut terkait ditemukannya data pemilih ganda berjumlah 207 orang dalam DPSHP.

Lalu, KPU Kabupaten Belitung kembali bersurat kepada Bawaslu terkait tindaklanjut dari rekomendasi tersebut.

"Jadi kami sangat mengapresiasi KPU Kabupaten Belitung yang telah menindaklanjuti itu. Nah ketika pleno itu, untuk lebih menyakin kami meminta melakukan sampling terhadap data itu dan hasilnya memang sudah bersih," katanya.(*)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com

Pengakuan Wanita Penabrak Anggota Polisi usai Terobos Rombongan Presiden Jokowi

Berita Populer