Kanal

Kisah Tragis Kapal Perang Argentina General Belgrano, Tenggelam Tanpa Sempat Melawan

Kapal penjelajah General Belgrano - Via intisari online

BANGKAPOS.COM-- Kapal penjelajah Argentina ini rontok dan mencium dasar laut sebagai tumbal peperangan.

Harga kapal ini saja ketika dibeli di tahun 1951 sudah 7.8 juta dolar. Dengan kurs waktu itu saja sudah mencapai 5116,8 juta rupiah.

Ini menunjukkan bahwa harga peperangan keiewat besar. Padahal ini belum dihitung prajurit Argentina yang tewas atau hilang.

Tapi marilah kita tengok silsilahnya, seperti dikutip dari Majalah HAI  edisi Juli 1982, dengan judul asli Kapal Penjelajah General Belgrano Kandas Sebelum Mengganas, Isi Tangki = 367 Ribu Bus.

Tenggelam

Memang benar, "jendral" itu, adalah satu-salunya kapal penjelajah yang dimiliki oleh Angkatan Laut Argentina.

Tetapi sayangnya jendral pemberani itu tenggelam ketika mengawali tugasnya. Gugurnya sang jendral itu membawa malapetaka bagi 300 orang awak kapalnya.

Jelas Argentina berkabung besar ketika sebagian anak buah Jendral tua itu dinyatakan hilang.

Hilangnya sang jendral tentu saja disambut dengan duka cita, walaupun mungkin tanpa pernah mengalami peperangan yang sengit lantaran (ketika kapal itu memasuki zone perang yang dimaklumkan Inggris) ia telah lebih dahulu dihantam oleh salah sebuah torpedo yang dilepaskan oleh kapal selam (bertenaga nuklir) milik lawannya.

Akibatnya tentu saja fatal. Tulang dan besi tua itu berguguran tanpa sempat mengaduh lagi. Karam ke dasar laut. Itulah kemenangan Inggris yang pertama kalinya.

Halaman
1234
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Intisari

5 ABG Digerebek Hendak Gelar Pesta Seks di Makassar, 3 Gadis Masih di Bawah Umur

Berita Populer