Kanal

Akibat Cuaca Panas dan Sembarangan Bakar Sampah, Kebakaran Lahan di Belitung Timur Terjadi Lagi

Satu diantara petugas Damkar memadamkan kebakaran dilahan di Desa Jangkar Asam. (20/8/2018) istimewa - istimewa

Laporan wartawan Pos Belitung, Suharli

BANGKAPOS.COMĀ  - Kebakaran lahan dan hutan kembali terjadi di wilayah Kabupaten Belitung Timur. Tepatnya terjadi di Dusun Padang Desa Jangkar Asam pada Senin (20/8).

Pelaksana harian Kepala BPBD Beltim Helmi T Akbar, mengatakan Unit Damkar pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Beltim menerima panggilan telepon dari masyarakat sekitar pukul 11.30 wib.

"Lokasi kejadian di Desa Jangkar Asam dusun Padang Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur. Membakar lahan dan semak mendekati rumah warga disekitarnya. Tim BPBD tiba di lokasi kejadian sekitar pukul 11.45 wib dan langsung mengambil tindakan pemadaman api," ujar Helmy kepada posbelitung.co (20/8/2018).

Menurut Helmy kobaran api dengan cepat membakar lahan yang ditutupi semak belukar. Hembusan angin membuat api membesar dan mendekati pemukiman warga.

Tim BPBD berangkat dengan dua unit mobil pemadam kebakaran dan satu mobil operasional yang terdiri dari tim regu piket 8 orang, Kepala Seksi Kedaruratan dan AMP Logistik, Kepala Seksi Kebencanaan serta Tim TRC sebanyak 4 orang.

Dugaan sementara, kebakaran terjadi akibat kelalaian manusia yang disebabkan kesengajaan orang bakar semak dan sampah. Cuaca yang cukup panas dan angin kencang memicu api menjalar ke semak dan lahan kering.

"Api berhasil dipadamkan pada pukul 12.30 wib dan dipastikan aman terkendali. Adapun luas lahan yang terbakar diperkirakan 2 hektar," kata Helmi.

Upaya pemadaman juga dibantu masyarakat sekitar dan anggota kepolisian. Atas kejadian tersebut, BPBD menghimbau masyarkat lebih berhati-hati dan segera melapor bila kondisi api akan menimbulkan potensi kerugian yang lebih besar.

Helmy juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak membakar hutan dan lahan di musim kemarau seperti sekarang. "Apabila membakar sampah mohon diawasi, kalau terjadi kebakaran bisa langsung menghubungi no.telepon BPBD 087869775023 " ujar Helm

Penulis: Suharli
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung

Kronologi Polisi Gadungan Perkosa Siswi SMK di Hadapan Pacar, Berawal Kepergok Mesum di Warnet

Berita Populer