Kanal

Bawaslu Kabupaten Bangka Minta KPU Akomodir Data Narapidana di Lapas

Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Corri Ihsan - Bangka Pos / Nurhayati

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Corri Ihsan mengatakan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang diplenokan oleh KPU Kabupaten Bangka sudah sesuai.

Namun pihaknya memberikan beberapa catatan kepada KPU Kabupaten Bangka untuk ditindaklanjuti. Pasalnya menurut Corri ada selisih perhitungan DPSHP (Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan) dengan perhitungan PPK.

Dia mencontohkan seperti untuk Kecamatan Sungailiat ada selisih sebesar 141 pemilih. Ternyata dari surat edaran KPU untuk di Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Sungailiat yang diakomodir KPU yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kabupaten Bangka.

"Untuk itu kami rekomendasikan KPU harus masuk di DPTP data-data di Lapas dikomunikasikan ke kabupaten/kota narapidana tersangkutan. Kami akan konfirmasi untuk narapidana di luar KTP Kabupaten Bangka agar hak suara mereka dapat diakomodir di DPT Kabupaten yang bersangkutan. Kami akan mengkonfirmasikan dengan Bawaslu kabupaten/kota lain apakah data tersebut sudah diakomodir oleh KPU Kabupaten Bangka," tegas Corri kepada bangkapos.com, Senin (20/8/2019).

DPT tersebut menurutnya harus terakomodir sebelum hari pencoblosan DPT sehingga dapat dipastikan narapidana tersebut bisa memberikan hak suaranya untuk pemilihan di kabupaten/kota mereka masing-masing dengan menggunakan formulir A5.

Selain itu disampaikannya ada selisih juga di Kecamatan Bakam yakni empat pemilih karena ada ganda antar kabupaten.

Untuk itu selisih tersebut harus diakomodir oleh KPU kabupaten yang bersangkutan sehingga pemilih tersebut masuk ke DPT kabupaten mereka masing-masing.

"Selisih ini terjadi gara-gara ganda antar Kabupaten mereka lebih memilih di kabupaten yang bersangkutan. Berdasarkan jawaban dari KPU mereka sudah mengakomodir data tersebut ke kabupaten masing-masing. Jadi kami setuju ditetapkannya DPT oleh KPU Kabupaten Bangka," kata Corri.

Namun pihaknya akan mengakomodir hal tersebut dengan melaporkan kepada Bawaslu Babel yang nantinya akan berkoordinasi dengan KPU Babel.

Untuk pemilih pemula menurut Corri dari jawaban yang diberikan oleh KPU Kabupaten Bangka sudah diakomodir dalam DPT.

"Untuk pemilih pemula yang dihitung oleh KPU sudah kita konsultasikan juga dengan dukcapil bagi pemilih yang umurnya sudah 17 tahun sudah terakomodir oleh KPU di DPT. Kami tetap minta tanggapan masyarakat apabila ada yang sudah berusia 17 tahun belum terdaftar dalam DPT sehingga nanti bisa kami akomodir dengan KPU Kabupaten Bangka. Untuk itu kami tetap melakukan pemantauan," jelas Corri.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com

Video detik-detik Vicky Prasetyo Gerebek Angel Lelga sedang Selingkuh di Kamar Pukul 2 Dinihari

Berita Populer