Kanal

Sepanjang 2017 Lalu, 37 Anak di Babel Terserang Rubella

Kepala Dinas Kesehatan Babel, Mulyono Susanto. - Bangka Pos/Krisyanidayati

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulyono Susanto mengatakan di Babel sepanjang tahun 2017 lalu sudah ada 37 korban usia anak-anak yang menderita Rubella.

Vaksin yang diberikan untuk anak usia 9 bulan-15 tahun, untuk mencegah penyakit rubella.

Ia mengatakan Rubella memang tidak sebahaya campak yang dapat menyebabkan kematian, tapi ini memberikan dampak yang luar biasa untuk jangka panjang apabila tidak dilakukan pencegahan.

"Rubella sangat cepat penularannya, sepanjang 2017 yang positif rubella ada 37 orang. Yang terinfeksi virus ada 12 orang. Bahayanya adalah rubella ini tidak memiliki gejala bahkan tanpa gejala. Kalau gejala umumnya bisa berupa demam ringan, pusing, pilek, mata merah dan nyeri persendian mirip gejala flu," kata Mulyono, Selasa (21/8/2018).

Lebih lanjut, Mulyono menjelaskan apabila tidak dilakukan pencegahan sejak kecil. Anak yang terkena rubella bisa menularkan kepada ibu hamil khususnya trismester pertama bisa menyebabkan kecacatan pada anak di dalam kandungan seperti kelainan jantung, kelainan mata, tuli, keterlambatan perkembangan, dan kerusakan jaringan otak.

"Satu anak yang terkena Rubella, bisa satu sekolahan kena rubella, karena penularannya cepat. Apalagi kalau menular pada ibu hamil. Dengan vaksin ini kita mencegah dan melindungi anak-anak agar tidak terkena rubella," katanya. (*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com

Viral Reaksi Ketum PSSI Edy Rahmayadi Menutup Wawancara Sepihak, soal Insiden Tewasnya The Jak Mania

Berita Populer