Kanal

Masjid Agung Darussalam Manggar Potong 18 Hewan Kurban

Proses penyembelihan hewan kurban di halaman belakang Masjid Agung Darussalam, Manggar, pada Rabu (22/8/2018). - posbelitung/suharli

Laporan Wartawan Pos Belitung, Suharli

BANGKAPOS.COM  - Gema takbir berkumandang mengiringi proses penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung Darussalam usai shalat Idul Adha 1439 H.

Sebanyak 18 hewan kurban terdiri dari 8 sapi dan 10 kambing, dan daging kurban pun akan dibagikan kepada 400an warga yang berada disekitar Masjid Agung Darussalam.

Ratusan masyarakat muslim yang berada di seputaran Masjid Agung Darussalam berbondong-bondong datang, menyaksikan dan saling membantu proses pemotongan hewan kurban. 

Ketua panitia pemotongan hewan Kurban H Mifta menyampaikan pada 2018 antusias umat muslim melaksanakan kurban meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. 

"Dibandikan tahun lalu Alhamdulillah ada kemajuan, karena kami mengadakan arisan hewan kurban lima ekor sapi, tambahan pribadi keluarga tiga ekor sapi, dan ditambah lagi dengan 10 ekor kambing masing perorangan," ujar H Mifta ditemui posbelitung diselah kegiatan pemotongan hewan kurban, Rabu (22/8/2018).

H mifta juga mengatakan melihat dari antusiasnya masyarakat melaksanakan kurban pada tahun ini, masyarakat muslim disekitar juga sudah berpesan kepadanya untuk melanjutkan sistem arisan pada 2019 tahun depan.

Pembagian hewan kurban dijelaskan H Mifta sesuai dengan ketentuannya, yang berkurban mendapat 1/3 dari jumlah daging dalam satu ekor hewan kurban dan lainnya dibagikan kepada masyarakat disekitar Masjid Agung Darussalam.

"Alhamdulillah tahun ini daging kurban akan disalurkan kepada sebanyak 400an Jiwa yang ada disekitar Masjid Darussalam," kata H Mifta.

H Mifta juga menjelaskan penyaluran daging kurban tidak hanya diperuntukkan bagi yang tidak mampu saja.

"Untuk hewan kurban ini tidak hanya difokuskan kepada yang tidak mampu saja, baik itu miskin, kaya, muslim dan non muslim,apabila ada berada disekitar tempat pemotongan hewan kurban, mereka harus dapat, karena kita berpedoman pada keadilan, jadi biar semua turut merasakan kurban dari saudara-saudara kita yang mampu menunaikan pada tahun ini," kata H mifta.

Senada dengan Ketua DKM Agung Darussalam Talafudin, mengatakan pada tahun lalu jumlah sapi kurban hanya 3 ekor saja dan jumlah hewan kurban tahun ini sangat signifikan penambahannya.

"Saya berharap masyarakat agar semangkin menyadari untuk berkurban, agar kedepannya lebih banyak lagi yang menunaikan ibadah kurban, dimana kami juga memfasilitasi dengan tabungan kurban atau arisan hewan kurban," beber Talafudin.

Acara pemotongan hewan kurban di Masjid Agung Darusalam belangsung dengan semarak, anak-anak juga turut meramaikan menyaksikan peroses pemotongan hewan kurban. 

Penulis: Suharli
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung

Kronologi Lengkap Mahasiswi Dibunuh Pacar di Aceh, Diajak Jalan hingga Pelaku Kabur ke Rumah Ipar

Berita Populer