Kanal

Bawaslu Beltim Gelar Mediasi Partai PSI Dengan KPU

Ketua Bawaslu Kabupaten Beltim, Wahyu Epan Yudhistira - posbelitung/suharli

Laporan Wartawan Pos Belitung, Suharli

BANGKAPOS.COM -- Bawaslu Kabupaten Belitung Timur menggelar proses mediasi antara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan KPU Beltim. Mediasi dilakukan setelah pihak Bawaslu Kabupaten Beltim menerima surat permohonan mediasi proses pemilu yang diajukan DPD PSI Kabupaten Beltim atas di-TMS-kannya satu diantara bakal calon legislatif partai mereka.

"Benar bahwa hari ini, di ruang mediasi Bawaslu Beltim sudah dilaksanakan proses mediasi permohonan penyelesaian sengketa proses pemilu yang diajukan oleh DPD PSI Beltim sebagai pemohon dan KPU Beltim sebagai termohon," ungkap Ketua Bawaslu Kabupaten Beltim, Wahyu Epan Yudhistira usai mediasi, Kamis (23/8/2018)

Objek sengketa yang dimohonkan oleh pihak pemohon yaitu Surat Keputusan KPU Beltim yang memuat tentang adanya bacaleg dari PSI yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) oleh KPU Beltim.

"Dimediasi pertama ini, belum ditemukan dalam artian proses penyelesaian sengketa tidak menemui sepakat. Jadi dalam proses mediasi, sebagai mediator menitik beratkan kepada pemohon dan termohon atas apa yang terjadi. Kita hanya mendorong kesepakatan namun tetap tidak melanggar perundang-undangan dan dapat dilaksanakan sepenuhnya menjadi ranah pemohon dan termohon," katanya.

Epan menyatakan sesuai Perbawaslu nomor 18 tahun 2018 diatur bahwa mediasi dilakukan maksimal dua kali. Setelah dua kali mediasi belum ditemukan kesepakatan, pemohon berhak mengajukan ajudikasi. Namun diperjalanannya dimungkinkan juga pemohon mencabut permohonan sengketa dengan mengajukan surat permohonan pencabutan.

"Sangat dimungkinkan itu (pencabutan-red)," ujar Epan.

Menurut Epan, pengajuan permohonan penyelesaian sengketa oleh DPD PSI Beltim disampaikan tanggal 13 Agustus lalu. Setelah dilakukan pemeriksaan berkas dan dinyatakan memenuhi syarat untuk di mediasi, Bawaslu langsung mengagendakan mediasi.

"Yang sudah mengajukan sampai dengan berakhirnya pengajuan permohonan sengketa, sudah kita bisa pastikan ada tiga parpol yang mengajukan permohonan penyelesaian sengketa yakni Gerindra, PSI dan PAN," sebut Epan.

Penulis: Suharli
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung

Terekam Kamera Sosok Pria yang Diduga Selingkuhan Angel Lelga, Digerebek Vicky Berduaan di Kamar

Berita Populer