Kanal

Jaga Kearifan Lokal, Yayasan BPJ Peduli dan Desa Mampaya Gelar Lomba Bebanjor

para peserta lomba Bebanjor di sungai Air Ray, Desa Mempaya, Kecamatan Damar Belitung Timur. (26/8/2018) - Ist

Laporan wartawan Pos Belitung, Suharli

BANGKAPOS.COM, BELITUNG TIMUR -  Puluhan warga  masyarakat Desa Mempaya, kecamatan Damar, Belitung Timur mengikuti lomba bebanjor bertempat di sungai air raye, yang diadakan selama dua hari yakni 25-26 Agustus 2018. 

Bebanjor merupakan memancing ikan dengan cara menancapkan beberapa joran yang sudah terpasang mata pancing, di pinggiran sungai, kemudian ditinggal selama seharian, sambil menunggu ikan memakan umpan banjor. 

Lomba bebanjor dalam peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-73 sekaligus menjaga kearifan lokal budaya bebanjor di pulau Belitung.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Yayasan BPJ Peduli Beltim bersama dengan Desa Mempaya. 

Warta Ade Permana ketua Yayasan BPJ Peduli Beltim mengatakan mengadakan kegiatan ini untuk menjaga kearifan lokal dan menjalin silaturahmi antar masyarakat Mempaya.

" peserta yang hadir tidak hanya orang tua saja, anak-anak muda juga turut serta," ujar Ade kepada posbelitung, Minggu (26/8/2018).

Dijelakan ade setiap peserta dibatasi 25 banjor, dimana  area-area bebanjornya mereka sudah dibagi oleh panitia penyelenggara, hasil dari tangkapan dihitung jumlah beratnya.

Ketua panitia penyelenggara Suparjo menjelaskan para peserta sudah mulai perlombaan bebanjor sejak (25/8) sore kemarin, untuk menunggu bajornya mereka menginap di tenda yang disediakan oleh panitia.

"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan warga juga menjaga sungai-sungai yang ada di desa Mempaya agar tidak tercemar," kata Suparjo.

Dari 43 peserta yang mengikuti lomba bebanjor tiga peserta yang memdapat juara yakni, juara satu Maryanto berat ikan 2,8 kilogram, dua Abdul Hamid dengan berat tangkapan 2,7 kilogram dan juara tiga Fery 2,6 kilogram.

Hasil dari tangkapan peserta lomba dimasak dan disantap beramai-ramai oleh warga desa yang datang menghadiri kegiatan.

Kepala Desa Mempaya Saproni yang turut hadir menyampaikan dukungannya kepada penyelenggara lomba bebanjor.

"Perlombaan semacam ini kedepannya mungkin akan diselenggarakan lagi, selain untuk memeriah Hari Kemerdekaan RI, agar masyarakat tua muda tetap menjaga tradisi bebanjor," kata Saproni.

Saproni juga menyampaikan, Sungai air Raye desa Mempaya dulu  terkenal akan banyak ikannya, dan aliran sungainya pun sangat bersih. (*)

Penulis: Suharli
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com

Anjing Milik Korban Pembunuhan di Bekasi Tak Mau Makan dan Menangis, Pakar: Bisa jadi Saksi

Berita Populer