Kanal

Desa Ketap Utamakan Ekonomi Kreatif, Pariwisata dan Perkebunan

Pesona Pantai Jerangkat Desa Ketap - Istimewa

BANGKAPOS.COM - Desa Ketap merupakan satu diantara desa yang termasuk dalam Peme­rintahan Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat.

Desa Ketap memiliki pesona pantai, kebudayaan dan kearifan lokal serta produk ekonomi kreatif masyarakat yang sudah terkenal luas di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Desa Ketap juga bisa dikatakan sebagai desa yang tetap memegang teguh sikap toleransi dalam kehidupan berumat dan beragama yang benar-benar dilaksanakan de­ngan baik oleh warga masyarakatnya dari dahulu hingga sekarang.

Karena masing-masing dusun di Desa Ketap ini memiliki ciri khas tersendiri baik dari umat beragama maupun kebudayaan dan kearifan lokalnya, seperti di Dusun Tayu yang setiap tahunnya melaksanakan ritual sembahyang rebut atau biasa dikenal dengan ‘Chit Ngiat Pan’.

Masjid Al-Falah Desa Ketap (Istimewa)

Kepala Desa Ketap, Indra mengatakan, sembahyang rebut ini sudah menjadi agenda resmi tahunan Dinas Pariwisata dalam rangkaian tradisi wisata religius yang berlangsung di enam kecamatan di Bangka Barat.

“Selain ritual keagamaan juga diselingi hiburan rakyat yang diselenggarakan panitia alam acara sembahyang rebut ini. Satu diantaranya tentu barongsai dengan mempertontonkan bermacam atraksi yang membuat decak kagum bagi kita yang menontonnya,” kata Indra.

Selain ritual sembahyang rebut terdapat pula keunikan lainnya yang sudah turun temurun dilaksanakan setiap malam ganjil menjelang Hari Raya Idul Fitri yaitu budaya puting-puting, adalah budaya yang intinya bersilaturahmi dari rumah ke rumah untuk mencicipi hidangan yang dihidangkan saat tibanya Hari Raya Idul Fitri.

Selain wisata religius, Desa Ketap juga menyimpan pesona wisata alam berupa pantai yang dinamakan Jerangkat.

Oleh warga masyarakat sekitar maupun pengunjung yang datang selain menikmati pemandangan pantai dengan butiran pasirnya yang halus, pesona dari tumpukan bebatuan dan pulau kecil yang indah dan sedap dipandang juga faktor utama yang menjadikan Pantai Jerangkat ini jadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi di akhir pekan.

Dari sektor produk ekonomi kreatif masyarakat, Desa Ketap memiliki andalan yaitu teh hijau tayu. Seperti namanya memang teh hijau ini ditanam dan dikembangkan di Dusun Tayu.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos

Anjing Milik Korban Pembunuhan di Bekasi Tak Mau Makan dan Menangis, Pakar: Bisa jadi Saksi

Berita Populer