Kanal

Harga Sayur Sawi di Pasar Tanjungpandan Anjlok, Ini Penyebabnya

Sawi Hijau - net/google

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

BANGKAPOS.COMĀ  - Harga sayur sawi di Pasar Tanjungpandan, Senin (27/8/2018) anjlok. Satu bundel atau perkilogram (Kg) sayur tersebut dijual Rp 5.000,- sejak tiga hari belakang. Padahal biasanya pedagang menjual sayur sawi ini diatas Rp 10.000,- per ikat.

"Ini bukan karena apa-apa, karena 'banjir' saja sekarang sayur nya. Ditambah pembeli juga sekarang sudah kurang, dan ini memang turunnya jauh sekali, kalau normalnya ya segitu (di atas Rp 10.000,-)," kata Heriyanto (30) seorang pedagang sayur di Pasar Tanjungpandan kepada Pos Belitung.

Turunnya harga sayur ini, mempengaruhi omset pedagang. Untung yang didapat oleh mereka hanya sedikit, namun bisa menutupi operasional dagangan. Satu bundel sayur, pedagang membeli dari pengepul seharga Rp 3.000,- hingga Rp 4.000,-.

Heriyanto (baju biru), Senin (27/8) menunjukan sayur sawi dilapak tempat nya berdagang di Pasar Tanjungpandan, Belitung (Pos Belitung/Disa Aryandi)

"Kalau murah seperti itu kami ngambil dari orang, karena mereka juga tau kondisi sekarang sedang murah. Harga sayur ini, sebetulnya tidak menentu, kadang kalau masih mahal Rp 15 ribu perikat," ujarnya.

Jenis sayur yang anjlok di Pasar tersebut, sayur sawi keriting, sawi manis, dan sawi putih. Belum diketahui kapan harga sayur sawi itu akan kembali normal, lantaran harga sayur mayur tidak bisa diprediksi.

"Karena kalau harga sayur ini tidak bisa dipastikan, bisa besok berubah semakin turun, bisa juga naik. Tapi kalau Rp 5.000,- sampai berapa hari baru seperti inilah," bebernya. (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung

Beredar Foto-foto Awal Penemuan Jasad Korban Pembunuhan Sekeluarga di Bekasi, 2 Anak di Kamar

Berita Populer