Kanal

Wagub Babel Ajak Masyarakat Segera Vaksin

Konfrensi Pers terkait vaksin MR di Ruang Rapat Wakil Gubernur Babel, yang dihadiri kepala Dinas Kesehatan Babel dan ketua MUI Babel, Senin (27/8/2018) - Bangka Pos / Krisyanidayati

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengajak dan mengimbau masyarakat untuk melakukan vaksin Measles Rubella (MR).

Sebelumnya, Pemprov Babel memang pernah menunda pelaksanaan vaksi MR. Namun, setelah dikeluarkannya Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) nomor 33 Tahun 2018 tentang penggunaan vaksin Measles Rubella dari Serum Intitute of India (SII) untuk imunisasi.

Fatah menyebutkan penggunaan vaksin yang memanfaatkan unsur babi dan turunannya, hukumnya haram. Penggunaan vaksin MR dari SII hukumnya haram karena dalam proses produksinya menggunakan bahan yang berasal dari babi

"Penggunaan vaksin MR ini diperbolehkan karena ada kondisi keterpaksaan (dlarurah syar'iyah), belum ditemukan vaksin MR yang halal dan suci, kemudian ada keterangan dari ahli kompeten dan dipercaya tentang bahaya yang ditimbulkan akibat tidak imunisasi dan vaksin yang belum halal," kata Fatah dalam Konfrensi Pers di ruang kerjanya, Senin (27/8/2018). Bangka Pos/Krisyanidayati.

Lebih lanjut ia menyampaikan dengan memperhatikan fatwa MUI tersebut, vaksinasi yang sudah dikampanyekan dan dilakukan beberapa waktu lalu dan ditunda pelaksanaannya, berdasarkan fatwa MUI ini dapat dilanjutkan kembali.

"Kita ingin masyarakat dan sumber daya manusia yang kuat dalam menjalani kehidupan, sehingga percepatan vaksin harus dilakukan apalagi mengingat dampaknya apabila ini tidak dilakukan.

Kita enggak mewajibkan tapi mengajak dan mensosialisasikan harus dijalani secara bersama untuk kesehatan bersama," kata Fatah.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com

Beredar Foto-foto Awal Penemuan Jasad Korban Pembunuhan Sekeluarga di Bekasi, 2 Anak di Kamar

Berita Populer