Kanal

Mulyono Sebut Komda KIPI Babel Lakukan Investigasi Independen Terkait Laras

Kepala Dinas Kesehatan Babel, Mulyono Susanto. - Bangka Pos / Krisyanidayati

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulyono Susanto mengatakan Vaksin Campak dan Measles Rubella (MR) yang digunakan di program imunisasi MR dipastikan aman.

Mulyono menyebutkan proses imunisasi massal MR di Babel akan terus berlangsung karena Indonesia telah menghadapi situasi darurat Campak dan Rubella.

"Kami menyampaikan rasa simpati yang mendalam kepada adik Laras semoga Adik Laras diberikan kesembuhan dan dapat kembali sekolah. Kami menaruh perhatian yang sangat serius terhadap kejadian ini," katanya ditemui Bangka Pos, saat menjenguk Laras di RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang, Kamis (30/8/2018).

Saat ini Komda Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) sedang melakukan investigasi secara independen untuk menilai apakah benar sakitnya Laras terkait dengan imunisasi MR atau karena sebab lain yang tidak berhubungan dengan imunisasi MR.

"Kami minta semua pihak untuk menghargai proses investigasi indepedent ini agar mendapatkan fakta yang benar demi kepentingan Adik Laras dan anak-anak lain di Bangka Belitung," tambahnya.

Ia memaparkan saat ini Indonesia menghadapi situasi darurat Campak dan Rubella. Jika imunisasi MR tidak dilakukan dapat terjadi wabah.

"Untuk itu jangan ragu untuk mengajak anak kita mengikuti imunisasi MR, apalagi Fatwa MUI (Majelis Ulama Indonesia) juga menyatakan bahwa imunisasi MR dibolehkan atau Mubah," jelasnya.

Menurutnya, masyarakat tidak perlu khawatir dengan melakukan vaksin. Hal ini untuk memberikan perlindungan dan pencegahan terhadap wabah penyakit yang berbahaya.

"Pemerintah tidak ada yang mau membuat masyarakatnya cidera. Tapi ingin melindungi, masyarakat jangan ragu untuk memvaksin anaknya. Jangan hanya karena satu persoalan yang belum tentu menjadi takut atau bagaimana. Ini kan masih dalam proses investigasi," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: krisyanidayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com

Pimpin Selawatan di Panggung, Wanita Ini Mendadak Pingsan lalu Meninggal Dunia

Berita Populer