Kanal

Indonesia Buka Wacana Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032, 3 Negara Ini Jadi Pesaing, 2 dari Asia

Pembukaan Asian Games 2018 - Warta Kota/Henry Lopulalan

BANGKAPOS.COM - Indonesia membuka wacana untuk pencalonan tuan rumah Olimpiade 2032, namun ada sejumlah negara yang turut mengajukan diri.

Wacana tersebut muncul setelah pertemuan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dengan Ketua Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach pada Sabtu (1/9/2018).

Dengan pengalaman menggelar Asian Games 2018, Joko Widodo yakin Indonesia bisa menjadi tuan rumah untuk perhelatan yang lebih besar.

"Oleh sebab itu, Indonesia berencana secepatnya untuk mengajukan diri sebagai kandidat tuan rumah Olimpiade pada tahun 2032," kata Joko Widodo, dikutip BolaSport.com dari Kompas.com.

Namun, selain Indonesia ada tiga negara yang juga akan menyatakan minatnya sebagai tuan rumah Olimpiade 2032.

Baca: Sudah Dibujuk tapi Via Vallen Pilih Lakukan Ini daripada Hadiri Closing Ceremony Asian Games 2018

Melansir dari BBC, India, Australia, dan China juga menyatakan minatnya untuk mengajukan penawaran.

Asosiasi Olimpiade India telah mengonfirmasi minatnya untuk menawar Olimpiade 2032.

Melansir dari The Indian Express, pada Juni 2018, Konsul Jenderal Jepang di Mumbai, Ryoji Noda, mengatakan India akan menjadi kandidat kuat untuk menjadi tuan rumah Olimpiademusim panas 2032.

Asosiasi Olimpiade India pada April lalu mengatakan bahwa akan mengajukan tawaran unuk Olimpiade musim panas 2032, selain Youth Olympic 2026 dan Asian Games 2030.

Seperti juga China yang menawarkan kota Shanghai sebagai tuan rumah, meskipun ibukota Beijing pernah menjadi tuan rumah Olimpiade musim panas 2008 serta menjadi tuan rumah Olimpiade musim dingin 2022.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: BolaSport.com

Video Viral Jokowi Hormat Sendiri saat Indonesia Raya Berkumandang, Begini Menurut Undang-undang

Berita Populer