Kanal

Ditangkap Karena Kasus Kejahatan Seks, Begini Lika-liku Hidup Bos JD.ID

Liu Qiangdong - BBC

BANGKAPOS.COM--Salah satu orang terkaya China, Liu Qiangdong, ditangkap kepolisian Minneapolis, Minnesota, AS, karena diduga terlibat kejahatan seksual.

Liu Qiangdong, pendiri dan pemilik situs jual beli JD.com, ditangkap sesaat sebelum tengah malam pada Jumat (31/8/2018), tetapi dilepaskan sehari kemudian.

Manajemen JD.com mengatakan, tuduhan yang ditujukan kepada Liu, yang juga dikenal sebagai Richard Liu, keliru.

Meski demikian, kepolisian mengatakan, kendati Liu sudah dibebaskan penyelidikan kasus ini masih terbuka.

Di Amerika Serikat, situs jual beli JD.com bermitra dengan Tencent dan Walmart. Di Indonesia, perusahaan ini dikenal sebagai JD.id.

Dalam sebuah pernyataan di media sosial China, Weibo, manajemen JD.com mengatakan bahwa penangkapan Liu itu didasarkan pada "tuduhan yang tidak berdasar".

"Polisi setempat dengan cepat menetapkan bahwa tak ada dasar bagi tuduhan terhadap Liu dan dia kemudian dapat melanjutkan kegiatan bisnisnya sebagaimana yang direncanakan semula," katanya.

Masih belum jelas, rincian pidana seksual yang dituduhkan.

Kepolisian Minneapolis mengatakan, mereka tidak mengeluarkan informasi lebih lanjut mengenai kasus ini karena proses penyelidikan masih berlangsung.

"Kami mengambil keputusan untuk membebaskannya, namun itu tidak terkait dengan kuat atau tidaknya bukti," kata John Elder, dari unit informasi publik kepolisian Minneapolis kepada BBC.

Halaman
123
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Nakita

Video Detik-detik Harimau Muncul di Pasar hingga Terjebak di Kolong Ruko, Memangsa Kambing dan Ayam

Berita Populer