Kanal

28 Balon Kades Akan Menjalani Proses Seleksi

14 Kades terpilih dalam Pilkades serentak tengah mengikuti gladi bersih persiapan acara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Kades Kabupaten Belitung di Gedung Serba Guna, Selasa (30/8/2016). - bangkapos.com/Dede Suhendar

Laporan Wartawan Pos Belitung Dede Suhendar

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Tercatat 28 bakal calon kepala desa (Balon Kades) akan mengikuti proses seleksi di tingkat Kabupaten Belitung.

Proses seleksi akan dilakukan oleh tim yang dibentuk panitia Pilkades Serentak 2018 tingkat Kabupaten Belitung pada Sabtu (8/9/2018) bertempat di Ruang Sidang Pemkab Belitung.

"Tadi tim seleksi sudah rapat, jadi nanti 28 orang yang akan diseleksi. Proses seleksi dimulai pukul 08.00 WIB sampai selesai, jadi satu hari," ujar Kasi Pemdes, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKBPMD) Budi Swasta, Rabu 5/9/2018).

Ia menjelaskan sesuai aturan, jumlah calon kades maksimal lima dan minimal dua orang. Jika lebih, maka panitia kabupaten akan melakukan seleksi agar jumlah calon tetap lima orang.

Berdasarkan data yang disampaikan dari 13 desa yang melaksanakan Pilkades Serentak 2018, terdapat empat desa yang jumlah balon kades lebih dari lima orang.

Diantaranya, Desa Aik Ketekok sembilan orang, Desa Air Merbau enam orang, Desa Aik Pelempang Jaya tujuh orang dan Desa Terong enam orang.

Kemudian, kata Budi, metode seleksi dilakukan tiga tahap yaitu tertulis berupa pilihan ganda selama 45 menit, penyampaian visi misi dan program lima menit dan wawancara lima menit.

Sedangkan prosentase penilaiannya untuk tertulis 50 persen, visi misi 30 persen dan wawancara 20 persen.

"Kalau tim seleksinya terdiri dari perwakilan DPPKBPMD, Bagian Hukum, Bagian Tapem dan Perguruan Tinggi," katanya.

Budi mengatakan hasil seleksi balon kades akan disampaikan secara tertutup kepada panitia tingkat desa masing-masing. Lalu, panitia desa akan menetapkan balon yang lolos dalam berita acara.

Menurutnya penetapan dilakukan tiga hari pasca diterimanya hasil seleksi dan kemudian disampaikan kembali kepada panitia kabupaten.(*)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com

Petinju 13 Tahun yang Bertanding demi Ekonomi Keluarga Meninggal Seusai Pertandingan, Videonya Viral

Berita Populer