Kanal

Ini Alasan HKHPI Disetujui Ada di Bangka Belitung

Ketua DPN HKHPI Katrinawati Lasena. Foto - Bangka Pos / Hendra

Laporan Wartawan Bangka Pos, Hendra

BANGKAPOS.COM  -- Ketua Dewan Pimpinan Nasional, HKHPI, Katrinawati Lasena mengatakan Bangka Belitung merupakan daerah potensi tambang, cukup banyak sengketa tambang yang terjadi.

Karenanya menurut Katrinawati diperlukan adanya wadah bagi para konsultan tambang, pengacara dan lembaga kemasyarakatan dibidang pertambangan.

“Selama ini sengketa pertambangan sulit untuk diselesaikan. Kalaupun selesai tidak pernah berakhir dengan baik karena kemampuan profesi hukum dibidang pertambangan ini masih minim. Sebab itu perlu adanya HKHPI dalam upaya peningkatan profesi konsultan hukum pertambangan,” jelas Katrinawati kepada bangkapos.com, usai pelantikan kepengurusan DPW HKHPI Babel, Jumat (7/9/2018).

Pembentukan HKHPI Babel juga lanjut Katrinawati inisiasi dari Ketua DPW HKHPI Babel, Johan Adi Ferdian. Setelah dilakukan verifikasi dalam waktu sebulan akhirnya kepengurusan DPW HKHPI Babel pun memenuhi syarat dan kemudian diresmikan.

HKHPI kata Katrinawati memiliki peran penting dalam pertambangan. Didalamnya mengaitkan unsur pemerintah, masyarakat, pengusaha dan lingkungan hidup.

“HKHPI berada ditempat yang netral. Dia dapat menjadi mediator dari keempat unsur itu. Tetap netral, jangan sampai ada kepentingan didalamnya,” pungkas Katrinawati.

Penulis: Hendra
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos

Anjing Milik Korban Pembunuhan di Bekasi Tak Mau Makan dan Menangis, Pakar: Bisa jadi Saksi

Berita Populer