Kanal

Setahun Sekali, Semarak Warga saat Lomba Panjat 17 Pohon Pinang di Taman Mandara

Peserta berlomba memanjat pohon pinang di kawasan Taman Mandara, Pangkalpinang, Sabtu (8/9/2018) sore. Sebanyak 17 pohon pinang disediakan untuk dipanjat pada acara yang digelar Kecamatan Taman Sari ini. - BANGKA POS/DEDY QURNIAWAN

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Warga sontak riuh saat lomba panjat pinang di kawasan Taman Mandara dimulai, Sabtu (8/9/2018) sore.

Satu per satu dari 17 batang pinang yang disediakan panitia mulai dinaiki oleh peserta.

Warga yang hadir menonton bersorak menyemangati para peserta yang mulai berlumuran oli hitam pelicin pohon .

Satu per satu balon yang berisi kupon hadiah berhasil digapai untuk kemudian ditukarkan dengan berbagai macam hadiah: kompor gas, setrika, dan berbagai perabotan rumah tangga lainnya.

"Seru. Sekali setahun seperti ini. Lomba cem ne kan khas e 17 Agustus tiap tahun," kata Anita, warga dari Kelurahan Air Kepala Tujuh yang datang membawa anaknya. 

Lomba panjat pinang ini digelar oleh Kecamatan Taman Sari untuk memperingati ulang tahun ke-73 kemerdekaan Republik Indonesia.

Di sela lomba, ada juga pemberian buku saku pahlawan nasional untuk mengampanyekan Depati Amir dan Hanandjoeddin dari tim koordinator kampanye pahlawan nasional kepada Pemkot Pangkalpinang.

Camat Taman Sari Susanto mengatakan, ini adalah acara puncak dari serentetan acara yang telah mereka gelar sebelumnya.

Dianggap sebagai pesta rakyat dalam memeriahkan dan mengisi kemerdekaan, kegiatan ini disebut adalah satu-satunya kegiatan panjang pinang dengan jumlah batang pinang terbanyak. 

Halaman
12
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com

Kronologi Lengkap Pembunuhan Satu Keluarga di Bekasi yang Dilakukan Haris Simamora

Berita Populer