Kanal

Antusiasme Anak-anak Ikuti Musabaqah Hifzhul Quran yang Digelar Hijabers Mom Community Bangka

HMC Bangka foto bersama dengan para juara Musabaqah Hifzhul Quran yang digelar di ruang OR, kantor Wali Kota Pangkalpinang, Minggu (9/9/2018). - Bangka Pos / Dedy Qurniawan

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Sejumlah anak-anak berusia 7 sampai 12 tahun berebut mengangkat tangan saat mereka mendapatkan tantangan melanjutkan potongan sebuah ayat Al Quran. Anak yang kemudian ditunjuk berhasil menuntaskannya dengan benar lalu diganjar hadiah bingkisan.

Dari lebih dari lima kuis melanjutkan ayat Al Quran ini, tak ada anak yang gagal menjawab. Semuanya beres dilanjutkan oleh anak-anak tadi dengan lancar.

Seperti itulah antusiasme para anak-anak saat mengikuti kuis bagian dari acara Musabaqah Hifzhul Quran digelar oleh Hijabers Mom Community (HMC) Bangka di ruang OR Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Minggu (9/9/2018) siang.

Ketua HMC Bangka Tri Sisca Febrianti atau akrab disapa Mom Yiyi, mengatakan, acara ini digelar bagi anak-anak penghafal Al Quran. Ada 30 anak berusia 7 sampai 12 tahun penghapal juz 30 yang mengikuti lomba tersebut.

Juaranya akan diganjar trofi dan uang pembinaan. Sertifikat juga akan diberikan untuk selutuh peserta.

"Dalam lomba ini, mereka diwajibkan untuk membaca surat wajib yang sudah ditentukan panitia, dan surat pilihan yang mereka pilih sendiri dari juz 30," kata Yiyi kepada Bangka Pos di sela acara.

HMC Bangka, kata Yiyi, ingin terus memotivasi dan menghidupkan semangat menghafal Al Quran para anak-anak agar dapat tumbuh dan terpelihara dengan baik. Untuk semakin memotivasi para penghafal Al Quran cilik ini, pihaknya juga mengundang hafiz Al Quran cilik Musa sebagai bintang tamu.

"Apalagi sekarang zamannya gadget. Acara seperti ini diharapkan bisa mengalihkan perhatian mereka dari gadget. Kalau menghafal Al Quran, mereka kan harus fokus, harus mencintai Al Quran, harus ikhlas, dan berteman dengan Al Quran. Itu yang pengen kami capai. Kami ingin membumikan Al Quran sejak dini," tutur dia.

HMC Bangka adalah komunitas muslimah yang ada di Pulau Bangka. Sudah berusia lima tahun dan beranggotokan 120-an orang, mereka kerap mengadakan kegiatan-kegiatan sosial Islami.

Setiap bulan HMC Bangka misalnya rutin menggelar pengajian, tahsin (meningkatkan kemampuan membaca Al Quran), dan majelis taklim. "Acara seperti ini diharapkan bisa memotivasi, termasuk kami sendiri, dan para anak-anak, serta para orangtua bisa mendidik anak-anak untuk menjadi hafiz dan hafizah," kata Yiyi. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com

Kronologi Polisi Gadungan Perkosa Siswi SMK di Hadapan Pacar, Berawal Kepergok Mesum di Warnet

Berita Populer