Kanal

Erick Thohir Dinilai Punya Tiga Fungsi yang Untungkan Jokowi-Maruf Amin di Pilpres 2019

Erick Tohir - ist

BANGKAPOS.COM  - Direktur Komunikasi Politik lembaga riset SCG Consulting, Aprizaldi menilai, penunjukan Erick Thohir sebagai ketua tim kampanye nasional atau tim sukses (timses) pasangan Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo dan KH Maruf Amin, dinilai sebagai langkah yang tepat.

Menurut Aprizaldi, dari kacamata kebutuhan politik saat ini, sosok Erick akan mampu menjalankan tiga fungsi sekaligus.

Fungsi pertama yaitu memperkuat dan melegitimasi citra Joko Widodo sebagai seorang pekerja keras.

”Erick adalah sosok pekerja keras. Gelombang besar Asian Games yang sukses luar biasa menjadi momentum yang mengangkat nama Erick sebagai sosok yang bekerja keras di event tersebut," kata Aprizaldi, Senin (10/9/2018).

Selain itu, Erick juga pengusaha sukses dengan kerja-kerja yang luar biasa di dalam dan luar negeri, sehingga asosiasi pekerja keras pada kubu Jokowi menurut Aprizaldi akan semakin keras.

Fungsi Kedua adalah merekonfigurasi citra kandidat di kubu Jokowi pasca-pemilihan KH Maruf Amin sebagai bakal calon wakil presiden.

Pemilihan Kiai Maruf, lanjutnya, oleh sebagian publik ditangkap sebagai upaya Jokowi mengamankan elektabilitasnya dengan merangkul kelompok Islam tanpa memperhitungkan kemampuan menjawab tantangan bangsa dalam beberapa tahun mendatang.

Kiai Maruf hanya dinilai sebagai tokoh agama yang oleh sebagian publik dianggap belum tentu cakap mengelola berbagai tantangan bangsa, terutama ekonomi.

”Erick sebagai ketua tim kampanye pasti berperan menonjol, sehingga akan mampu merekonfigurasi citra kandidat, terutama dalam konteks menghadapi tantangan ekonomi. Erick bisa tampil berbicara banyak soal itu,” terangnya.

Sedangkan fungsi ketiga adalah memainkan fungsi penguatan infrastruktur politik, termasuk logistik.

Halaman
12
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Tribun Jatim

Kronologi Lengkap Mahasiswi Dibunuh Pacar di Aceh, Diajak Jalan hingga Pelaku Kabur ke Rumah Ipar

Berita Populer