Kanal

Walikota dan Wakil Walikota Pangkalpinang Terpilih Rencananya Dilantik 20 Desember

Suparyono. - BANGKA POS/DEDY QURNIAWAN

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pangkalpinang 2018-2023 terpilih Maulan Aklil (Molen) dan M. Sopian, hasil pemilihan serentak bebeberapa waktu lalu direncanakan bakal dilantik pada 20 Desember mendatang.

Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Pangkalpinang Suparyono membenarkan adanya rencana tersebut.

Dasarnya dalah surat terakhir dari Kemendagri pada Juni 2018 lalu mengenai pelantikan kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2018.

Surat itu memuat ketentuan tahapan-tahapan pelantikan.

Bagi bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota yang masa jabatannya habis sampai 20 September, maka pelantikannya akan dilakukan serentak pada 20 September.

Sementara, kepala daerah yang masa jabatannya habis pada rentang 21 September sampai 20 Desember, akan dilantik pada 20 Desember.

Lalu kepala daerah yang masa jabatannya habis pada rentang 21 Desember sampai bulan Maret 2019, akan dilantik pada Maret 2019.

"Kalau kepastiannya kami belum terima, kadang-kadang kan ada perubahan. Itu berdasarkan surat dari Kemendagri. Kami tanya ke provinsi, juga belum ada surat lain. Masa jabatan wali kota dan wakil wali kota Pangkalpinang itu habis 14 November, berarti pelantikannya 20 Desember. Itu logikanya berdasarkan aturan yang ada. Nanti kalau tiba-tiba ada surat terbaru, maka itu yang akan kami pedomani," tutur Suparyono, Rabu (12/9/2018).

Suparyono mengatakan, jika pelantikan jadi dilakukan pada 20 Desember mendatang, maka akan ada kekosongan jabatan Wali Kota Pangkalpinang.

Halaman
12
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com

Beredar Foto-foto Awal Penemuan Jasad Korban Pembunuhan Sekeluarga di Bekasi, 2 Anak di Kamar

Berita Populer