Liga Champions

Basel vs Man United: Racikan Jitu

BASEL dikenal sebagai kota pusat industri obat-obatan. Dan manajer Manchester United, Alex Ferguson dituntut

Basel vs Man United: Racikan Jitu
TRIBUNNEWS.COM/Ekslusif
Strategi Ferguson saat meladeni Barcelona di final liga Champions, Wembley, Inggris.
Laporan Wartawan Tribunnews.com Husein Sanusi

BANGKAPOS.COM - BASEL dikenal sebagai kota pusat industri obat-obatan. Dan manajer Manchester United, Alex Ferguson dituntut menemukan racikan formula tepat untuk menaklukkan juara Swiss tersebut agar tak angkat koper dari ajang Champions League.

Sejauh ini, prestasi Manchester United di ajang Champions terbilang meyakinkan. The Red Devils hanya dua kali gagal lolos ke babak knockout dari 16 kali tampil di ajang Champions League. Tapi situasinya kini berbeda.

Melawan Basel, skuad Alex Ferguson membutuhkan hasil menang, atau seri untuk mendampingi Benfica yang sudah lebih dulu memastikan lolos dari Grup C.

Kendati tak terkalahkan dengan raihan sembilan poin, unggul satu poin dari Basel di peringkat tiga, kubu Ferguson hanya mengemas dua kemenangan dari lima laga. Dua kemenangan itu pun diraih dari tim lemah, Otelul Galati dari Rumania.

Penampilan Wayne Rooney dkk di Champions League musim ini memang jauh dari cemerlang.  Mereka bermain imbang di kandang, dan saat tandang ke Benfica. Bahkan, The Red Devils nyaris tumbang saat menjamu Basel di Old Trafford.

Laga pertama yang berlangsung 28 September itu memang fenomenal. Manchester United unggul di awal lewat dua gol Danny Welbeck. Namun, di 18 menit babak kedua Basel menggila, dengan mencetak tiga gol. Untungnya, Ashley Young mencetak gol di menit akhir hingga skor berakhir imbang 3-3.

"Kami gembira bisa menuai hasil seri 3-3 di Old Trafford melawan tim hebat yang selama ini hanya bisa kita saksikan aksinya di televisi. Hasil itu jadi modal kami untuk menjamu mereka nanti," kata striker Basel, Alexander Frei yang mencetak dua gol di partai tersebut.

Basel mengemas enam kemenangan beruntun di liga domestik usai ditukangi Heiko Vogel yang naik pangkat dari asisten menjadi pelatih kepala. Ia menggantikan Throrsten Fink, yang begitu mengemas hari seri di Old Trafford melawan Manchester United, langsung direkrut klub Jerman, Hamburg SV.

Jika Basel meyakinkan, Manchester United justru terengah-engah. Mereka memang tetap menggali poin di Premier League namun penampilannya tak terlalu spektakuler, dan terbilang irit gol.

Kemenangan 1-0 atas Aston Villa akhir pekan lalu menjadi kemenangan ketujuh  dimana mereka hanya mengemas selisih satu gol. Bersamaan dengan itu, striker andalan, Wayne Rooney tak pernah mencetak gol lagi di tujuh partai terakhir setelah mengonversi dua gol lewat titik penalti ke gawang Otelul Galatis saat Man United menang 2-0 pada 18 Oktober lalu.

Gawatnya lagi, Ferguson dihadapkan pada krisis lini depan. Javier Hernandez harus bergabung dengan Dimitar Berbatov dan Michael Owen di kamar perawatan setelah mendapat cedera pada ligamen engkelnya saat menghadapi Aston Villa.

Praktis harapan bersandar pada Wayne Rooney, dan striker muda Danny Welbeck yang baru pulih dari cedera. Welbeck diharapkan bisa mengulang aksi gemilangnya mencetak dua gol ke gawang Basel pada leg pertama lalu.

Fergie juga menjelaskan, besar kemungkinan dirinya kembali memainkan Phil Jones, yang mencetak gol tunggal di Villa Park. Jones akan bermain menggantikan Michael Carrick yang terkena larangan bermain tengah pekan ini.

"Jones sejatinya adalah bek tengah, tetapi dia pemain serba bisa  yang juga bisa bermain di lini tengah. Kami akan memainkannya, karena kami tidak bisa menurunkan Michael Carrick yang terkena larangan bertanding," kata Fergie.
    
Rule of The Game
- Jika Basel mengalahkan Manchester United, klub asal Swiss ini bakal lolos ke babak 16 besar Champions League, dan mereka akan menjuarai grup Benfica gagal mengalahkan Otelul Galati.
- Jika Man United tak kalah, klub asal Inggris bakal lolos ke babak 16 besar.
- Man United bisa juara grup jika menang, dan Benfica tak bisa mengalahkan Otelul Galati
- Man United bisa juara grup jika seri, dan Benfica seri


Macht Fact
- Man United jadi tim dengan jumlah pelanggaran paling sedikit dari tim lain di Champions League musim ini (48).
- Man United hanya kalah sekali dari 25 partai tandang Champions League (menang 16 seri 8 kalah 1).
- The Red Devils hanya kebobolan satu gol dari delapan partai tandang Champions League
- Basel hanya mengemas satu kemenangan dari lima partai di Piala Eropa lawan tim dari Inggris (menang 1, seri 1, kalah 3),  serta kebobolan tiga gol dari empat partai
- Dari tiga kali pertemuan kedua tim, tercipta 12 gol
- The Red Devils tak terkalahkan lawan Basel, menang sekali, dan dua kali seri
- di tiga pertemuan di ajang Piala Champions, ada tiga pemain yang mencetak dua gol yakni Ruud van Nistelrooy, Danny Welbeck, dan Alexander Frei.

Editor: tidakada015
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved