Ujian Nasional

Siswa dan Pengawas Dilarang Bawa HP

Ujian Nasional (UN) 2013 tingkat SMA yang akan berlangsung serentak mulai

BANGKAPOS.COM, BANDA ACEH - Ujian Nasional (UN) 2013 tingkat SMA yang akan berlangsung serentak mulai Senin (15/4/2013) harus dipastikan berlangsung sukses.

"Semua pihak harus menyukseskannya karena menyangkut kepentingan anak bangsa," tandas Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Anas M Adam kepada Serambi (Tribunnews.com Network), Sabtu (13/4/2013).

Menurut Anas, karena soal UN dibuat dalam 20 paket per kelas, pihaknya mengimbau kepada pengawas ruangan untuk memberikan penjelasan kepada peserta UN sejelas-jelasnya, mulai dari saat membuka lembaran soal agar tidak ada yang rusak atau kurang, hingga memastikan anak tidak membawa HP.

"Kalau HP, jangankan siswa, pengawas juga tidak diperkenankan membawanya. Ini dikhawatirkan mengganggu konsentrasi anak jika terdengar suara HP," kata Anas.

Dikatakan, sesuai petunjuk operasional UN, selama berlangsung ujian, pengawas harus memastikan ada peninjau, termasuk kepala sekolah yang masuk ke ruang ujian.

Anas M Adam mengatakan hingga Sabtu kemarin ada tiga daerah yang mengalami kekurangan soal UN namun sudah teratasi.

"Daerah yang kekurangan soal yaitu Aceh Tamiang, Aceh Tenggara, dan Aceh Selatan sudah diantisipasi dengan mengirim soal yang baru dari Jakarta," katanya.

Dihubungi terpisah, Ketua PGRI Aceh, Ramli Rasyid mengatakan, PGRI mengharapkan para pengawas harus profesional dalam melaksanakan tugasnya.

"Ini penting agar UN jujur dan bersih bisa terwujud," kata Ramli. PGRI juga mengharapkan UN tahun 2013 ini betul-betul menghasilkan lulusan bermutu.

Editor: emil
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved