Hilal Sudah Terlihat di Asia Tenggara

Pemerintah kemungkinan besar akan menetapkan 1 Syawal 1434 H jatuh pada hari Kamis (8/8/2013). Ormas Islam PP Muhammadiyah sebelumnya juga

Hilal Sudah Terlihat di Asia Tenggara
henry lopulalan
PENENTUAN IDUL FITHRI - Ketua Lajnah Falakiyah PBNU KH A. Ghazalie Masroeri dalam menentukan Idul Fitri 1443 H/2013M dalam konferensi pers di kantor PBNU, Jalan Kramat, Jakarta Pusat,Senin (5/8/2013). Lajnah Falakiyah PBNU memprediksi tanggal 1 Syawal 1434 H jatuh pada hari Kamis, bertepatan dengan tanggal 8 Agustus 2013. Namun posisi hilal pada saat dilakukan pengamatan (rukyatul hilal) pada Rabu petang tanggal 29 Ramadhan besok masih cukup rendah.

Laporan Wartawan Tribunnews, Eri Komar Sinaga

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Pemerintah kemungkinan besar akan menetapkan 1 Syawal 1434 H jatuh pada hari Kamis (8/8/2013). Ormas Islam PP Muhammadiyah sebelumnya juga menetapkan hari itu sebagai 1 Syawl tahun itu. Artinya, kemungkinan adanya keserempakan perayaan Idul Fitri di Indonesia tahun ini, kemungkinan besar terjadi.

Ahli Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama, Cecep Nurwendaya mengatakan berdasarkan pengamatan pada Rabu (7/8/2013) telah terlihat hilal di sebagaian Asia Tenggara setinggi dua derajat. Sementara di Indonesia hilal terlihat dititik 3,87 derajat.

"Dari pantauan Pelabuhan Ratu, hilal syawal terlihat pada 7 Agustus atau 29 ramadhan dengan ketinggian 3,87 derajat, dengan umur hilal cukup tua," kata Cecep saat memberikan penjelasannya pada sidang Itsbat penentuan 1 Syawal, di Kementerian Agama, Jakarta, Rabu (7/8/2013).

Menurut Cecep, hilal kali tidak berada di posisi kritis. Posisi hilal kritis berada di 0-2 derajat. Posisi ini membuat jatuhnya hari raya Idul Fitri hampir pasti jatuh besok.

"Insya Allah dengan posisi hilal yang cukup baik, memberikan kesempatan kepada kita untuk bersatu, karena berdasarkan refensi empirik hilal merupakan hilal yang tidak tergolong sulit," jelas Cecep.

Walau demikian, ketentuan penetapan jatuhnya bulan syawal 1434 H tetap akan ditentukan berdasarkan sidang Itsbat yang sedang digelar Kementerian Agama saat ini.

Editor: asmadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved