Breaking News:

Honda Mobilio Low-MPV Terbaru

Untuk pertama kalinya, Honda memperkenalkan mobil segmen Low-MPV terbarunya, yaitu Honda Mobilio yang diposisikan di bawah Honda Freed

Honda Mobilio Low-MPV Terbaru
ist
Honda Mobilio.

Laporan Wartawan Bangka Pos, Rusaidah

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Untuk pertama kalinya, Honda memperkenalkan mobil segmen Low-MPV terbarunya, yaitu Honda Mobilio yang diposisikan di bawah Honda Freed sekaligus menjadi pemain baru di segmennya bersaing dengan kompetitornya.

Lalu timbul pertanyaan, mengapa Honda berani menghadirkan mobil baru Honda Mobilio dalam segmen Low-MPV, padahal di segmen ini telah ada beberapa pemain lama yang sudah banyak memiliki penggemar. Hal tersebut tidak lepas dari kepopuleran mobil segmen Low-MPV keluarga 7-penumpang di Tanah Air. Selain itu Honda juga memiliki alasan tersendiri merilis mobil MPV 7-penumpang.

"Ini bukan mobil terlambat. Honda ingin selalu memperkenalkan mobil yang enak untuk dikendarai, fun to drive. Kita ingin perkenalkan spesifikasi yang lebih baik karena konsumen Low-MPV ingin beli mobil karena ekspektasinya lebih tinggi," ucap Han Syafarian, General Manager Honda Niaga Bangka kepada bangkapos.com, Jumat (11/10/2013).

Honda Mobilio sendiri walau hadir belakangan ternyata dapat membidik konsumen yang kurang puas terhadap Low-MPV yang sudah ada.

Ketidakpuasan itu terutama dari segi desain dan fitur-fitur canggih dan terutama menawarkan kabin yang lapang dan luas. Dengan jurus jitu tawaran desain baru tersebut, Honda pun yakin bisa menjual Mobilio dengan angka yang fantastis pada masa produksinya nanti.

Honda Mobilio merupakan mobil yang akan diproduksi di Indonesia dan menjadi produk pertama dari pabrik baru Honda di Karawang, Jawa Barat, yang rencananya akan dibanderol dengan kisaran harga sekitarRp 150-180 juta.
Dibangun dari platform Honda Brio Hatchback yang sebelumnya sudah lebih dulu hadir di Indonesia. Selainitu Honda Brio Hatchback juga mengikuti program mobil murah LCGC dengan nama Brio Satya yang diklaim memiliki kandungan lokal hingga 85 persen.

Tidak dapat dipungkiri bahwa segmen mobil Low-MPV di Indonesia memang selalu diminati dari waktu ke waktu. Hal inilah yang membuat Honda memutuskan ikut bermain dalam segmen ini lewat jagoan barunya, Honda Mobilio yang akan bersaing dengan kompeitornya yang selama ini merajai segmen Low-MPV di Tanah Air.

Honda Mobilio melakukan debut perdana pertama kali di dunia (world premiere debut) di Indonesia melalui Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, dimana diluncurkan langsung oleh Takanobu Ito, selaku Pimpinan Honda yang khusus datang ke Indonesia.

Mobilioakan dijual dengan harga Rp 150 juta hingga Rp 180 juta, dan akan menjadikan Mobilio sebagai pesaing baru Low-MPV yang harus diwaspadai.

"Kami terus berusaha memberikan konsumen Indonesia produk terbaik dengan standar Honda. Mulai dari perangkat keselamatan, fitur, mesin, dan ruang yang lega dengan dimensi 30 cm lebih panjang dari kompetitor yang ada saat ini. Hal yang tak kalah penting adalah harga yang terjangkau dan kompetitif," papar Hans mengutip pernyataan Takanobu Ito, CEO Honda Motor Company.

Saat ditanya tentang kemungkinan adanya Honda Mobilio versi mobil murah seperti Honda Brio Satya, DirekturPemasaran dan Layanan Purna Jual Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy mengungkapkan bahwa hal tersebut akan dipertimbangkan dan kemungkinan pasti ada. Lebih lanjut, dia berpendapat bahwa saat ini belum ada peraturan LCGC untuk MPV 7-penumpang. Tetapi hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi Honda. Sebab Mobilio telah mengandung 83 persen komponen lokal sehingga dijual dengan harga terjangkau.

"Kalau hanya membuat mobil murah sih mudah saja. Tapi Honda punya standardisasi khusus untuk menjual produk ke pasar.Hal tersebut tidak bisa dikompromikan karena menyangkut kepercayaan konsumen terhadap produk kami. Tapi jika pasar dan regulasinya jelas, kami akan pertimbangkan versi murahnya tanpa mengurangi standardisasi produk Honda," jelas Hanz.

Editor: Asmadi Pandapotan Siregar
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved