Breaking News:

Ratusan Kotak Saran di Tempatkan di Desa dan Area Umum

Saat ini, baru 50 kotak saran yang sudah kita terima. Sisanya bertahap. Dan akan kita pasang di tempat-tempat tertentu di desa-desa

Ratusan Kotak Saran di Tempatkan di Desa dan Area Umum
bangkapos.com/zulkodri
Salah satu anggota Polres Bateng, yang menunjukkan kotak saran atau pengaduan yang merupakan bantuan dari Polda Kep Babel. Kotak akan disebar di sejumlah titik di perdesaan, Selasa (29/10/2013).

Laporan wartawan Bangka Pos, Zulkodri

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sebanyak 140 kotak saran dan aduan yang diterima oleh Polres Bangka Tengah (Bateng) dari Polda Babel, rencananya akan ditempatkan di desa-desa dan tempat umum,

Kabag Ops Polres Bateng, Kompol Àndreas Purnomo menjelaskan, kotak saran yang diterima akan di tempatkan di desa-desa atau tempat umum lainnya. Adapun fungsi kotak saran yakni mempermudah masyarakat dalam memberikan informasi, kritik saran atau pun fakta terkait dengan kinerja anggota kepolisian.

"Saat ini, baru 50 kotak saran yang sudah kita terima. Sisanya bertahap. Dan akan kita pasang di tempat-tempat tertentu di desa-desa yang ada di Bangka Tengah," ujarnya, kepada bangkapos.com, Selasa (29/10/2013).

Sebelumnya, diungkapkan Dirsabhara Polda Babel, Kombes Polisi Agus Suryo Nugroho, akan disebar sebanyak 1000 unit kotak saran se-Babel. Sedangkan khusus wilayah Hukum Polres Bateng dialokasikan sebanyak 140 unit kontak.

"Penyerapan aspirasi masyarakat melalui kotak saran ini, sudah sesuai Standart Operasional Prosedur (SOP). Nanti setiap hari kertas berisi pengaduan itu, akan diambil oleh anggota Satsabhara. Kemudian akan ditindaklanjuti. Diharapkan hal ini, dapat membantu tugas Polri dalam menjalankan tupoksinya, melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat," ujarnya.

Hubungannya dengan penerapan zona integeritas anti KKN di tubuh Polri, dengan adanya kotak saran, lanjut Agus diharapkan akan mempersempit gerak-gerik oknum polisi untuk melanggar disiplin, terutama aktifitas pungutan liar (pungli).

"Kami mengimbau kepada masyarakat kalau memang ada polisi terbukti memeras. Silakan dilaporkan melalui kotak pengaduan. Tapi harus fakta bukan mengada-ngada, sebab kami polisi ingin berbuat baik untuk masyarakat. Kritik, saran maupun masukan sangat membantu kami untuk bekerja lebih baik, sebab sesuai tupoksi kami yakni mengayomi dan melayani masyarakat," ucapnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved