Biola Antik Konferensi Asia Afrika Dijual Untuk Biaya Berobat

Tiga buah biola bersejarah yang pernah dimainkan Raden Sona Soelanjana sewaktu

Biola Antik Konferensi Asia Afrika Dijual Untuk Biaya Berobat
Net
Ilustrasi

BANGKAPOS.COM, JAKARTA – Tiga buah biola bersejarah yang pernah dimainkan Raden Sona Soelanjana sewaktu Konferensi Asia-Afrika 18-24 April 1955 dijual. Uang hasil penjualan biola tersebut rencananya digunakan untuk membiayai pengobatan menantunya, Ajat Sudrajat.

Sejak Oktober 2013 lalu Ajat Sudrajat memperjuangkan hidupnya melawan  kanker kelenjar getah bening dan paru-paru yang sudah kronis. Tingginya biaya pengobatan membuat istri Ajat, Dra. Miya Rumiyana, berserta putra tunggalnya, Ginda, harus menjual sejumlah barang berharga seperti sertifikat tanah dan mobil antik.

Kondisi yang mengimpit membuat Ginda berencana menjual tiga buah biola peninggalan Raden Sona Soelanjana yaitu Antonius Stradivarius buatan tahun 1726, Jacobus Strainer tahun 1627 dan 1630. Ketiga biola tersebut memiliki nilai sejarah yang tinggi karena pernah digunakan Sona Soelanjana pada Konferensi Asia-Afrika.

“Bukannya saya mau mengemis. Saya pribadi merasa berat harus kehilangan biola- biola ini. Situasi yang kami hadapi sangat sulit dan sudah banyak biaya yang saya keluarkan,” ungkap Ginda ketika dihubungi Tribunnews.com, Kamis (9/1/2014).

Rencana Ginda untuk menjual ketiga biola mahal dan bersejarah itu menyebar luas di jejaring sosial. Sejumlah teman-teman dan pemain-pemain biola menyarankan Ginda untuk melelang biola tersebut di luar negeri.

“Antonius Stradivarius yang baru saja harganya berkisar Rp 70-80 juta. Itu pun replika. Stradivarius itu Mercy-nya biola,” jelas Ginda.

Sampai berita ini diturunkan, ketiga biola tersebut belum laku. Tawaran terakhir yang diterima oleh Ginda adalah Rp 75 juta. Sebelumnya ada WNI yang berdomisili di Belanda sanggup membayar Rp 135 juta, namun urung dilepas Ginda karena pengiriman yang terlalu berisiko.

“Saya ingin melepas biola ini di atas Rp 100 juta karena sampai saat ini biaya pengobatan bapak hampir mencapai Rp 125 juta,” tutur Ginda yang mengaku biolanya sudah ditawar oleh aktor Lukman Sardi.

Tags
Biola
Editor: edwardi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved