Mantan Manajer MU Pilih Ronaldo Pemain Terbaik Dunia, Ketimbang Messi

Mantan manajer Manchester United Sir Alex Ferguson ikut memberikan pendapatnya tentang siapa yang terbaik di antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

Mantan Manajer MU Pilih Ronaldo Pemain Terbaik Dunia, Ketimbang Messi
AFP PHOTO / PAUL ELLIS
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi berjabat tangan sebelum pertandingan persahabatan antara Portugal melawan Argentina, di Stadion Olf Trafford, Selasa atau Rabu (19/11/2014) dini hari WIB. 

BANGKAPOS.COM - Mantan manajer Manchester United Sir Alex Ferguson ikut memberikan pendapatnya tentang siapa yang terbaik di antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Menurut Ferguson, Ronaldo sudah teruji di kompetisi beberapa negara dan meraih kesuksesan, sedangkan Messi belum.

Bukan rahasia lagi bila hampir satu dekade ini pembicaraan seputar pemain terbaik dunia menjadi milik Messi dan Ronaldo. Apalagi, bintang Barcelona dan Real Madrid tersebut secara bergantian meraih penghargaan Ballon d'Or sejak 2008.

Namun, ada sedikit yang berbeda di antara kedua pemain tersebut. Messi, yang merupakan produk akademi Barca, belum pernah mengecapi ketatnya kompetisi di negara lain, sedangkan Ronaldo, setelah pindah dari Portugal, menjadi bintang di Premier League bersama Manchester United, sebelum diboyong Madrid dengan label pemain termahal di dunia pada 2009.

Pada musim ini, Ronaldo sudah mengemas total 50 gol, yang membuat dia selalu melakukan hal itu (mencetak minimal 50 gol dalam sebuah musim) dalam lima tahun berturut-turut. Messi pun tak kalah impresif, karena sejak pergantian tahun, dia menjadi inspirator Barca untuk menggeser Madrid dari puncak klasemen sementara Primera Division.

Ferguson, yang pernah menjadi manajer Ronaldo selama enam tahun sebelum pemain berusia 30 tahun itu meninggalkan Old Trafford untuk pindah ke Santiago Bernabeu pada 2009, mendukung mantan pemainnya tersebut sebagai pesepak bola yang paling sempurna.

"Ronaldo kuat," ujar Ferguson kepada BBC Sport. "Orang mengatakan 'siapa pemain di dunia' dan banyak yang cukup benar mengatakan Messi. Anda tidak bisa membantah pendapat itu."

"Namun hal tentang Ronaldo... Ronaldo bisa bermain untuk Millwall, QPR, Doncaster Rovers atau siapapun dan dia bisa mencetak hat-trick. Saya tidak yakin Messi bisa melakukan itu."

"Ronaldo bisa menggunakan dua kaki, dia cepat, dia hebat di udara dan berani, meskipun Messi juga berani. Saya hanya berpikir Messi adalah pemain Barcelona."

Ferguson juga menyebut Ronaldo sebagai pemain yang paling maju di bawah bimbingannya selama 26 tahun menjadi bos di Old Trafford.

"Ronaldo adalah peningkatan terbesar yang pernah saya alami di Manchester United karena dia datang sebagai anak muda yang kurus pada usia 17 tahun," tambah Ferguson. "Dan ya, dia memiliki hal-hal seperti diving yang orang sering mengkritiknya, tetapi begitu meninggalkan lapangan latihan, dia fantastis."

"Hal yang paling penting untuk seorang pemain hebat adalah pengambilan keputusan dan Ronaldo terus meningkat selama di Old Trafford. Dia dan Paul Scholes serta Ryan Giggs, anda harus mengatakan bahwa mereka adalah tiga pemain terbaik yang saya pernah miliki. Bryan Robson dan Roy Keane dan Eric Cantona juga pemain hebat, tetapi tidak di level mereka."

Editor: Hendra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved