Breaking News:

Lusi Juara Pidato Bahasa Indonesia Mahasiswa Se Babel

Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung, Lusi Apriani berhasil menjadi juara

IST
Lusi (no 4 dari kanan) berfoto bersama dewan juri dan para juara lomba pidata bahasa indonesia bagi mahasiswa se Babrel, Senin (4/5/2015). 

Laporan wartawan Bangka Pos, Dodi Hendriyanto

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung, Lusi Apriani berhasil menjadi juara pertama Lomba Pidato Bahasa Indonesia bagi Mahasiswa se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Gedung STKIP Muhammadiyah di Pangkalpinang, Senin (4/52015).

Pidato yang berjudul Pemuda untuk Perubahan ini berhasil menghantarkan Lusi mengungguli 44 peserta lomba pidato lainnya. Sementara juara 2-6 berturut-turut diraih, Tomi Sah, Abdul Rahman, Depri, Agung dan Wingki Fianika.

"Juara satu ini nantinya akan kita ikutkan mewakili Bangka Belitung dalam lomba pidato se regional sumatera bulan agustus mendatang," ujar Umar Solikhan, Kepala Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung usai mengumumkan para pemenang lomba pidato.

Menurut Umar, awalnya peserta yang mendaftarkan diri sebanyak 67 mahasiswa se Bangka Belitung. Namun saat pelaksanaan lomba, hanya 45 peserta yang hadir. Seluruh peserta unjuk kebolehan di hadapan dewan juri yang terdiri dari Umar Solikhan dari Kantor Bahasa Babel, Dodi Hendriyanto dari Bangka Pos dan Budi Rahmad dari Babel Pos.

Dalam pidatonya sebagian besar peserta menyoroti keperdulian generasi muda terhadap penggunaan Bahasa Indonesia. Menurut beberapa peserta, saat ini sebagian besar generasi muda lebih suka menggunakan bahasa gaul dan bahasa asing dalam percakapan sehari-hari.

Bahkan ditempat dan acara resmi pun kebanyakan generasi muda lebih suka menggunakan bahasa gaul yang dicampur aduk dengan beragam istilah yang jauh dari kosa kata Bahasa Indonesia.

"Mengapa kita meninggalkan bahasa Indonesia, sementara beberapa negara seperti Belanda, Amerika Serikat dan Australi justru menyelenggarakan pengajaran bahasa Indonesa," ujar Lusi, saat berpidato di depan juri dan peserta lomba pidato lainnya.

Sebagai juara pertama, maka Lusi akan mewakili Bangka Belitung dalam lomba pidato tingkat regional se Sumatera. Jika menang di tingkat regional nantinya, Lusi akan melaju ke tingkat nasional. "Kita berharap wakil Babel ini nantinya bisa menjadi juara lagi di tingkat regional,"ujar umar.

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved