Inilah Semarak Budaya "Nujuh Jerami" di Belinyu

Budaya pesta panen padi Nujuh Jerami di masyarakat Dusun Pejem Desa Gunung Pelawan Kecamatan Belinyu Kabupaten Ban

Inilah Semarak Budaya
Bangkapos.com/Edwardi
Wakil Bupati Bangka, Rustamsyah saat memberikan sambutan dalam ritual adat usai panen padi Nujuh Jerami di Dusun Pejam Desa Gunung Pelawan Kecamatan Belinyu.

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Budaya pesta panen padi Nujuh Jerami di masyarakat Dusun Pejem Desa Gunung Pelawan Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka harus terus dilestarikan, terutama di kalangan generasi muda agar tidak hilang ditelan waktu sebagai adat budaya bangsa.

Hal diungkapkan Wakil Bupati (Wabup) Bangka, Rustamsyah saat memberikan sambutan acara ritual adat usai panen padi Nujuh Jerami di Dusun Pejem Desa Gunung Pelawan Kecamatan Belinyu, Selasa (05/05/2015).

“Upacara adat Nujuh Jerami ini sebagai adat budaya bangsa dan harus terus dilestarikan terutama para generasi muda yang harus terus menghargainya,” kata Wabup Bangka, Rustamsyah.

Ditambahkannya, potensi sumber daya alam di Dusun Pejem sangat potensial untuk dikembangkan dan hal itu juga harus terus dijaga sebagaimana program Bupati dan Wakil Bupati, yakni Bangka Bermartabat di bidang perkebunan, pertanian, dan perikanan.

“Kita juga mengharapkan masyarakat terus menjaga kelestarian lingkungan untuk warisan anak cucu nantinya," harapnya.
Dilanjutkannya Pemkab Bangka juga tetap berkomitmen akan meningkatkan infrastruktur jalan dan pendidikan di Dusun Pejem, dimana setiap tahunnya jalan menuju Pejem akan diaspal dan diharapkan selama 5 tahun kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Bangka jalan ke Pejem akan diaspal, sehingga akses perekonomian bisa lancar dan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

‘’Dengan kegiatan Nujuh Jerami ini juga dapat mempererat tali silahturahmi dan Pemda Bangka mempunyai tanggung jawab untuk meningkatkan infrastruktur jalan yang akan berimbas pada peningkatan perekonomian masyarakat,” tukasnya.

Pada kegiatan Nujuh Jerami yang difasilitasi Disbudpar Bangka tersebut dihadiri juga Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Bangka bersama anggota, Kepala Dinas Pertanian dan Perternakan Bangka, Kemas Arfani, Sekretaris Diknas Bangka, Siti Januarsih, dan para kepala SKPD lainnya serta para tamu undangan lainnya.

Penulis: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved