Lantai ATM Akan Dipasang Rumput Sintetis

Lantai Alun-alun Taman Merdeka (ATM) Kota Pangkalpinang direncanakan akan segera dibongkar d

Lantai ATM Akan Dipasang Rumput Sintetis
bangkapos.com/dokumentasi
Ilustrasi: Alun-alun Taman Merdeka (ATM) Pangkalpinang

PANGKALPINANG, BANGKA POS -- Lantai Alun-alun Taman Merdeka (ATM) Kota Pangkalpinang direncanakan akan segera dibongkar dan diganti rumput sintetis. Pembongkaran ini, dimulai dari lantai cor yang berada di tengah taman yang dinilai tak maksimal menyerap air.

Kepala Bappeda Kota Pangkalpinang, Agung Yubi Utama menyebutkan lantai di ATM tak dapat menyerap air dengan cepat ketika hujan sehingga terjadi genangan air. Lantai ATM akan diganti dengan kon blok berlubang yang nantinya akan dipasang rumput sintetis.

"Selain memunculkan kesan hijau dengan adanya konblok berlubang dapat menyerap air dengan baik," ujar Agung, Minggu (24/5).

Agung menjelaskan lahan yang terdapat disisi kanan taman tersebut akan diletakkan pesawat boeing besar. Didalam pesawat itu nantinya, akan dibuat sebuah perpustakaan baca bagi masyarakat. "Di pojok lapangan tenis akan diletakkan pesawat boeing besar," pungkas Agung

Wali Kota Pangkalpinang, M Irwansyah mengatakan rencana pembongkaran ATM masih menunggu kejelasan PT Timah. Jika tempat tersebut direhab dan ditata dengan baik maka akan banyak hal positif.

"Rencananya memang ATM akan dipasang rumput, itu bakal diganti konblok yang mudah diresap oleh air, diganti itu karena saat hujan air tidak meresap," ujar Irwansyah, Minggu (23/5).

Anggota DPRD Pangkalpinang, Rio Setyadi menilai rencana pembongkaran ATM merupakan dampak dari kurang matangnnya kinerja SKPD terdahulu. Jika lantai ATM dibongkar maka akan memakan anggaran yang tak sedikit.

"Itu artinya tahapan perencanaannya tidak matang oleh SKPD terkait, sehingga memunculkan in efisiensi anggaran. Sebelum pembongkaran itu dilakukan hendaknya benar-benar dikaji terlebih dahulu plus minusnya. Sebab bongkar pasang yang dilakukan tidak semudah membalikkan telapak tangan, karena uang rakyat yang akhirnya terbuang sia-sia," ujar Rio.

Rio meminta fungsi ATM jangan sampai tumpang tindih antara sebagai taman kota dan sebagai paru-paru kota. 

"Yang perlu dijadikan perhatian adalah apakah sebenarnya fungsi ATM? Jangan sampai tumpang tindih antara sebagai taman kota dibenturkan dengan fungsi sebagai paru-paru kota atau resapan air. Jika pemerintah kota konsisten, sebaiknya tertibkan dulu ruko dan bangunan yang sudah terlanjur menjamur yang telah jelas-jelas menutup resapan air tanah," kata Rio. 

Penulis: Evan
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved