Breaking News:

Gadis Cantik Ini Ingin Berikan Kontribusi Bagi Lingkungan Babel

Widya Handini, gadis dengan segudang prestasi membanggakan ini kembali mengukir prestasi. Setelah sukses meraih gelar Dayang Bangka Tengah cewek

Gadis Cantik Ini Ingin Berikan Kontribusi Bagi Lingkungan Babel
IST
Widya Handini, Dayang Bangka Tengah

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Widya Handini, gadis dengan segudang prestasi membanggakan ini kembali mengukir prestasi. Setelah sukses meraih gelar Dayang Bangka Tengah cewek cantik lulusan University of Malaya jurusan ecology and biodiversity ini terpilih sebagai Duta Lingkungan Pangkalpinang bersama Achmad Mutazam Yamin.

Motivasinya ikut pemilihan Duta Lingkungan yang diselenggarakan oleh Badan Lingkungan Hidup Pangkalpinang pada tanggal 20 hingga 22 April lalu karena ingin terlibat langsung memberikan kontribusi bagi lingkungan sekitar.

"Dengan ikut duta lingkungan, saya dapat pengalaman, kawan baru, dapat relasi dengan orang-orang yang sama-sama konsen ke bidang lingkungan juga," ungkap Widya yang akan meneruskan pendidikan pasca sarjananya dengan mengambil jurusan Integrated Environtmental Studies di University of Southampton Inggris pada September 2015 nanti, Selasa (26/5/2015) kepada bangka pos.

Putri sulung pasangan Sony Lunarni dan Baharudin ini menilai lingkungan alam di Babel sudah rusak dimana kegiatan pertambangan yang tidak bertanggung jawab sebagai salah satu penyebabnya.

Dia mencontohkan, tambang inkonvensioan tidak hanya di darat, tetapi sudah merambah ke laut, di tambah ada kapal keruk.

"Akibat penambangan terjadi sedimentasi di laut. Terumbu karang mati, ikan-ikan di sekitar terumbu karang mati. Nelayan jadi susah dapat ikan. Pantai jadi keruh," sesal Wiwid sapaan akrab Widya.

Upaya untuk memperbaiki lingkungan sudah dimulainya dari hal-hal kecil. Wiwid bersama-sama dengan teman-teman baik sesama finalis duta lingkungan, bersama-sama Grup KLKAK adventure dan group lain yang konser terhadap lingkungan di Bangka ini bersama-sama mengajak masyarakat untuk peduli dan sadar menjaga kebersihan lingkungan. Mereka mengadakan kegiatan bersih-bersih, menanam pohon, sosialisasi dan lain-lain.

"Rencananya, Minggu 31 Mei, kami ada kegiatan bersih-bersih di alun-alun Pangkalpinang, juga bakalan ada kegiatan Grebek (Gerakan Bersih-Bersih) Pangkalpinang disekitar bulan puasa dan kegiatan lain kayak ikut penyuluhan yang diadain BLH Pangkalpinang," jelas Wiwid.

Menurutnya, harus ada kerjasama antara pemerintah dengan masyarakat, juga stakeholder yang ada di Pangkalpinang dan di Bangka Belitung secara keseluruhan

Ia menyarankan pemerintah membuat program-program lingkungan serta menerapkan undang-undang juga sanksi dan tegas terhadap masyarakat yang melanggar aturan dan merusak lingkungan.

"Masyarakat juga, harus ada kesadaran, harus mendukung program yang dicanangkan pemerintah bersama stakeholder dengan CSR nya, juga sama-samalah dengan LSM yang bergerak dalam bidang lingkungan. Yang jelas harus bekerja sama semuen elemen dan harus saling mendukung," saran Wiwid yang suka baca dan travelling ini.

Penulis: nurhayati
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved