Breaking News:

Opini: Ciptakan Generasi Sehat dengan ASI Ekslusif

Pembangunan generasi yang sehat, cerdas dan taqwa merupakan tanggung jawab seluruh komponen

IDEAS.HOMELIFE.COM.AU/KOMPAS.COM
Ilustrasi 

Oleh: Cici Masyani, SstBidan Desa Bakit Kecamatan Parit 3 Kabupaten Bangka Barat

Pembangunan generasi yang sehat, cerdas dan taqwa merupakan tanggung jawab seluruh komponen masyarakat, baik dari pemerintah maupun rakyatnya. Bahkan dasar utama terletak pada wanita yaitu ibu.

Seorang ibu mempunyai peran dan tanggung jawab untuk melahirkan generasi yang sehat, cerdas dan taqwa. Sehingga mampu menjadikan generasi bangksa yang siap dan mampu memimpin bangsa.
Anak yang sehat harus dipersiapkan sejak dalam kandungan dan saat persalinan hingga masa tumbuk kembangnya.

Sebab sejak dalam kandungan, janin telah mengalami perkembangan fase cepat. Saat persalinan merupakan waktu penentu bagi bayi yang mendapatkan ASI (air susu ibu) yang optimal sebagai nutrisi yang mampu memenuhi seluruh unsur gizi untuk perkembangan bayi menjadi anak sehat dan cerdas.

Salah satu kekaguman kita tentang cinta Tuhan kepada umatnya dapat kita rasakan ketika kita menjadi seorang ibu dan ketika kita mulai menyusui bayi kita dengan ASI (air susu ibu) proses ini merupakan mukjizat yang harus disyukuri dan di manfaatkan seoptimal mungkin.

ASI dikatakan sebagai mukjizat hal ini dapat kita pahami dari hasil penelitian yang menunjukan bahwa tidak ada makanan di dunia ini yang sesempurna ASI (Hubertin, 2003). ASI adalah satu jenis makanan yang mencukupi seluruh unsur kebutuhan bayi baik fisik, psikologi, sosial maupun spiritual.

ASI dalam jumlah cukup merupakan makanan terbaik pada bayi dan dapat memenuhi kebutuhan gizi bayi selama 6 bulan pertama. ASI merupakan makanan alamiah yang pertama dan utama bagi bayi sehingga mencapai tumbuh kembang yang optimal pada tahun 2001 WHO / organisasi kesehatan dunia meyatakan bahwa ASI eksklusif selama 6 bulan pertama hidup bayi adalah yang terbaik.

ASI Ekslusif Wajib diberikan pada bayi

Ada empat alasan mengapa pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan wajib diberikan oleh ibu.

Pertama, ASI melindungi bayi dari penyakit berbahaya. Penelitian menunjukkan bayi yang diberi ASI eksklusif selama 6 bulan pertama hidupnya dilanjut hingga 1 tahun atau lebih memiliki resiko lebih rendah untuk menderita penyakit pencernaan, alergi, asma, diabetes, obesitasm kangker di usian anak - anak, inspeksi saluran pernapasan, inpeksi kantung kemih dan sindrom kematian mendadak, bayi asi juga jarang di opname di rumah sakit.

Halaman
123
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved