Pilkada

Calon Perseorangan Wajib Didukung 10 Persen Dari Jumlah Penduduk

Komisioner KPU Bateng, Divisi Hukum dan Pengawasan, Rusdi mengatakan 10 persen dukungan dari jumlah penduduk

Calon Perseorangan Wajib Didukung 10 Persen Dari Jumlah Penduduk
bangkapos.com/zulkodri
Ketua KPU Bateng, Suryansyah (baju hitam-red) saat melakukan pemeriksaan ulang logistik pemilu sebelum, didistribusikan ke PPS, Senin (7/4/2014).

Laporan wartawan Bangkapos, Zulkodri

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Komisioner KPU Bateng, Divisi Hukum dan Pengawasan, Rusdi mengatakan 10 persen dukungan dari jumlah penduduk merupakan wajib sebagai syarat dukungan yang menggunakan jalur perseorangan atau independent.

" Untuk calon indpenden, Namun, dari jumlah dukungan KTP tersebut, lanjut Rusdi harus tersebar di semua atau enam Kecamatan yang ada di Bangka Tengah. Paling sedikit harus tersebar di tiga kecamatan," kata Rusdi.

Apabila dukungan KTP itu tidak sampai di tiga Kecamatan, maka saat dilakukan verifikasi faktual, KPU berhak membatalkan pencalonan perseorangan tersebut.

"Kalau persyaratan lainnya, sama dengan persyaratan calon yang diusung oleh partai. Minimal berusia 25 tahun, pendidikan minimal SLTA, sehat rohani dan jasmani. Dan tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap," imbuh Rusdi.(Zky)

Tags
pilkada
Penulis: zulkodri
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved