Affizah, Bayi Tiga Bulan Butuh Biaya Operasi

Affizah Sapitri, seorang bayi yang berusia tiga bulan terlihat tenang dalam gendongan ibunya. Bayi yang lahir 18 Maret 2015, as

Affizah, Bayi Tiga Bulan Butuh Biaya Operasi
Bangkapos.com/Nurhayati
Affizah bayi tiga bulan dengan otak di luar tempurung kepala dalam gendongan ibunya Mastari, Jumat (19/6/2015) di Ruang Bagian Humas PDE dan Santel Setda Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Affizah Sapitri, seorang bayi yang berusia tiga bulan terlihat tenang dalam gendongan ibunya. Bayi yang lahir 18 Maret 2015, asal Desa Pagarawan Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka tidak menangis maupun rewel.

Anak kedua pasangan Novi Ari Setiawan dan Mastari menatap orang-orang yang melihatnya saat di Ruangan Bagian Humas PDE dan Santel Setda Bangka, Jumat (19/6/2015) di Kantor Bupati Bangka.

Siapa saja yang melihat bayi mungil ini terlihat iba, karena di kepala Affizah ada benjolan lebih dari sebesar telur ayam.

Menurut Novi, bapak Affizah dari keterangan dokter di Rumah Sakit Bakti Timah Pangkalpinang, benjolan itu merupakan otak Affizah yang menonjol keluar karena tempurung otak di kepalanya bolong.

"Waktu kami bawa ke Rumah Sakit Timah, discan tidak ada tempurung tengkorak jadi kata dokter otaknya keluar," ungkap Novi kepada Bangkapos.com.

Saat Affizah masih dalam kandungan ibunya, ketika pemeriksaan janin di bidan desa tak ada kelainan apa pun. Begitu juga saat istrinya melahir putri mereka di bidan desa anaknya lahir dengan normal.

Namun ternyata saat lahir ada benjolan sebesar kelereng di kepala anaknya yang setiap hari semakin membesar.

"Kami bawa ke rumah sakit timah. Waktu itu umur satu bulan lebih jadi belumberani tunggu tiga bulan baru bisa dioperasi," kata Novi.

Namun karena menggunakan Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sejahtera (BPJS) kesehatan kelas tiga, pihak RSBT menyatakan tidak bisa dioperasi di rumah sakit tersebut karena untuk biaya operasi di RSBT tidak bisa menggunakan kartu BPJS.

Novi kemudian disarankan pihak RSBT dirujuk untuk membawa anaknya operasi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo di Jakarta.

"BPJS di rumah sakit timah (RSBT-red) tidak berlaku untuk biaya operasi katanya di RSCM berlaku," ungkap Novi.

Penulis: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved