Harga Timah Saat Ini Sangat Aneh

"Ini anomali, mengapa stok turun harga terus turun. Ada sesuatu di pasar, bagaimana bisa, ada yang aneh,"

Harga Timah Saat Ini Sangat Aneh
Bangkapos/Hendra
Balok Timah-- Petugas PT BGR sedang melakukan pengecekan balok timah di ekspor. 

PANGKALPINANG, BANGKA POS -- Harga timah dunia terus menurun meskipun stok timah dunia berkurang. Kondisi ini seperti melawan hukum pasar.

Corporate Secretarry PT Timah Tbk, Agung Nugroho mengatakan perusahaan BUMN itu merasa ada anomali soal harga timah.

"Ini anomali, mengapa stok turun harga terus turun. Ada sesuatu di pasar, bagaimana bisa, ada yang aneh," kata Agung, Rabu (8/7).

Pasar timah di London Metal Exchange pada perdagangan terakhir, merekam harga 14.200 USD per Metrik Ton. Posisi stok pada angka 7.575 Mton. Sementrara bursa KLTM, harga jauh lebih terpuru. Bursa yang bercokol di Malaysia ini merekam harga 13.700 USD/Mton. Di dalam negeri, bursa ICDX menjual timah PB300 dengan harga 14.500 USDMton.

Agung mengatakan ada beberapa faktor seperti krisis Yunani sedikit banyak mempengaruhi. "Perkembanganya menurun, krisis Yunani, permintaan turun," kata Agung.

PT Timah Tbk menganggap pengetatan aturan ekspor dapat mengangkat harga timah. BUMN ini telah mempersiapkan diri menyikapi pemberlakuan Permendag33 Tahun 2015.

"Di permendag yang baru itu, timah harus CnC. Jadi akan lebih baik dalam hal penanganan timah ilegal," kata sembari mengakui baru 60 IUP dari total 114 IUP PT Timah yang sudah CnC.

Soal Permendag 33 Tahun 2015, Ketua Asosiasi Industri Timah Indonesia (AITI), Ismiryadi menuding aturan itu memperpanjang birokrasi. Ia mengatakan ada aturan yang dianggap berbelit-belit.

Pihaknya mempertanyakan adanya Surat Persetujuan Ekspor (SPE) sementara perusahaan sudah mengantongi ET dan melaporkan RKAB. (tea)

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved